5 Danau terdalam di Indonesia

5 Danau terdalam di Indonesia

 5 .Danau Singkarak.

Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau ini merupakan Danau terluas ke-2 yang berada di Provinsi Sumatra Barat. Luas dari danau Singkarak adalah 107,8 km persegi. Danau Singkarak juga digunakan sebagai aliran penggerak PLTA Singkarak, sebagian air dari danau ini sengaja dialirkan melaui terowongan menembus bukit barisan sampai ke Batang Anai, yang nantinya akan menggerakan seluruh generator PLTA Singkarak. Koordinat dari Danau ini adalah 0,36 derajat (LS) dan 100,3 (BT). Danau Singkarak ini memiliki kedalaman 268m.

4. Danau Dibawah.

danau dibawah

Danau Dibawah

Danau Dibawah masih terletak di Provinsi yang sama dengan danau Singkarak, yakni Sumatra Barat. Letak danau Dibawah berdampingan dengan danau Diatas hingga ke-2 danau ini biasa disebut danau kembar. Sayangnya, di sini kita tidak dapat menikmati pemandangan dengan berkeliling menggunakan kapal, karena danau ini dikelilingi bukit-bukit besar dan lokasi danau juga sangat jauh dari lokasi pariwisata yang dibangun oleh pemerintah setempat. Danau Dibawah mempunyai kedalaman sekitar 309 m.

3. Danau Poso.

Danau Poso

Danau Poso

Danau Poso berlokasi di Provinsi Sulawesi Tengah, memiliki panjang 32 km serta lebar 16 km, yang menjadikan danau Poso sebagai danau terluas ke-3 di Indonesia. Pasir putih yang terdapat di danau Poso menyelimuti seluruh bagian danau bahkan hingga ke dasar,  tak heran jika danau ini disebut sebagai salah satu danau terindah di Dunia. Bukan hanya itu, danau Poso juga merupakan tempat bagi berkembang-biaknya ikan Sugili yang populasinya terancam punah. Danau poso memiliki kedalaman sampai dengan 450m.

4. Danau Toba.

Danau Toba

Danau Toba

Siapa yang tak mengenal danau Toba, selain danau terbesar di Indonesia, danau Toba juga merupakan danau terbesar di Asia Tenggara yang terletak di sebelah utara pulau Sumatra. Danau Toba memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik yang bernama pulau Samosir. Diperkirakan danau Toba terbentuk saat terjadi ledakan gunung berapi sekitar 73.000 sampai 75.000 tahun lalu dan merupakan sebuah letusan super-volcano (gunung berapi super). Menurut tim peneliti dari Oxford University, penyebaran debu dari letusan gunung tersebut berasal dari gunung Toba (yang sekarang menjadi danau Toba). Cukup mengejutkan, karena dampak letusan tersebut menyebar hingga ke seluruh dunia, bahkan sampai ke Kutub Utara. Danau Toba ini memiliki kedalaman hingga 529m.

5. Danau Matano (Matana).

Danau Matano

Danau Matano

Matano adalah sebuah danau yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Danau yang terdapat di wilayah Sorowako, Luwu Timur ini merupakan danau terdalam di Asia Tenggara dan menurut WWF, danau Matano adalah danau terdalam ke-10 di Dunia. Pembentukan danau Matano berasal dari ribuan mata air, sehingga danau ini tidak akan mengalami kekeringan. Selain digunakan sebagai tempat wisata berlibur, Danau Matano juga merupakan sumber daya alam yang potensial. Tidak heran perusahaan tambang nikel sebesar PT. INCO pun memanfaatkan danau ini sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Danau matano memiliki kedalaman hingga 590m.

Komentar

Related posts

Read more:
Mengerikan, Orang di Dalam Foto ini Sudah Meninggal
Mengerikan, Orang di Dalam Foto ini Sudah Meninggal


Close