Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa

Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa

Lukisan dikenal sebagai karya seni yang memiliki harga fantastis, karya-karya lukis dari maestro lukis dunia selalu menjadi buruan kolektor seni hingga nilainya mencapai  jutaan dollar. Namun ada beberapa karya lukis terkenal yang dianggap ‘terlalu bernilai’ untuk dijual atau dilelang. Umumnya, lukisan-lukisan ini merupakan mahakarya (masterpiece) dari sang pembuatnya. Inilah 5 lukisan paling terkenal sepanjang masa yang hingga kini masih terpajang sebagai koleksi museum :

 

5. Guernica

kepoan.com-5-lukisan-paling-terkenal-sepanjang-masa-guernica-512x384

Guernica adalah salah satu lukisan paling terkenal dari Pablo Picasso, menceritakan tentang penderitaan dan kerugian yang dialami oleh warga sipil akibat perang. Picasso melukis Guernica dengan tujuan untuk menarik perhatian dunia atas tragedi pemboman yang dilakukan oleh Jerman di Basque Town, Guernica.

Lukisan ini sendiri diselesaikan oleh Picasso pada pertengahan Juni tahun 1937. Lukisan ini bisa dilihat di Museo Reina Sofía, Madrid.

4. The Creation Of Adam

kepoan.com-5-lukisan-paling-terkenal-sepanjang-masa-the-creation-of-adam-512x342

Terlukis pada langit-langit Kapel Sistina, lukisan ini dibuat oleh seniman besar Michelangelo pada tahun 1508 hingga 1512 pada masa kepemimpinan Paus Julius II di Vatikan, Roma.

Lukisan pada bagian pusat kapel, merupakan ilustrasi yang diambil dari 9 bagian dalam Kitab Kejadian, dimana bagian terakhirnya merupakan saat dimana Bapa meniupkan ruh kehidupan kepada Adam, sang manusia pertama.

3. The Last Supper

kepoan.com-5-lukisan-paling-terkenal-sepanjang-masa-the-last-supper-512x278

The Last Supper atau perjamuan terakhir adalah lukisan yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci di Milan, Italia. Da Vinci mulai mengerjakan lukisan ini pada tahun 1495 dan menyelesaikannya pada tahun 1498.

Lukisan ini menggambarkan tentang Yesus yang sedang mengadakan jamuan makan malam dan mengumumkan tentang pengkhianatan yang akan dilakukan oleh salah seorang dari 12 rasul.

Banyak sejarawan seni yang menyatakan bahwa orang yang duduk di sebelah kiri Yesus dalam lukisan ini sebenarnya adalah Maria Magdalena, bukannya Rasul Yohanes seperti yang dianggap oleh kebanyakan orang.

2. The Starry Night

kepoan.com-5-lukisan-paling-terkenal-sepanjang-masa-the-starry-night-512x340

The Starry Night adalah lukisan karya seniman terkenal asal Belanda, Vincent Van Gogh. Meski semasa hidupnya hanya mampu menjual satu lukisan, namun pada masa-masa berikutnya justru karyanya dianggap besar.

Pada era modern, The Starry Night merupakan salah satu lukisan yang paling banyak dikenal orang. The Starry Night menunjukkan suasana malam desa Saint-Rémy di bawah naungan pusaran langit, paduan komposisi pepohonan membuatnya terlihat semakin indah.

Lukisan ini sejak tahun 1941 telah menjadi koleksi permanen dari Museum of Modern Art di New York, Amerika Serikat.

1. Mona Lisa

kepoan.com-5-lukisan-paling-terkenal-sepanjang-masa-mona-lisa-512x341

Siapa tak kenal lukisan ini? Ya, inilah lukisan paling terkenal sejagad raya, Mona Lisa. Mona Lisa dibuat oleh Leonardo Da Vinci pada masa Renaissance di Florence, Italia. Pengerjaannya dimulai antara tahun 1503 atau 1504, dan diselesaikan tak lama sebelum dia meninggal yakni pada tahun 1519.

Nama lukisan ini diambil dari nama Lisa Del Giocondo, anggota keluarga bangsawan kaya di Florence.

Pada tahun 1911 lukisan Mona Lisa dicuri dari Museum Louvre di Paris oleh Vincenzo Peruggia. Ia adalah karyawan museum Louvre asal Italia yang meyakini bahwa Mona Lisa harus dikembalikan ke Italia. Selama 2 tahun Vincenzo Peruggia menyimpan lukisan Mona Lisa dalam apartemennya, hingga akhirnya ia tertangkap ketika mencoba menjual lukisan tersebut kepada Direktur Galeri Ufizi di Florence.

Hingga saat ini Mona Lisa masih terpajang di museum Louvre dimana 6 juta orang melihat lukisan tersebut setiap tahunnya.

Komentar

Related posts

Read more:
5 Animator Indonesia Yang Mendunia
5 Animator Indonesia Yang Mendunia


Close