Tempat dan Bangunan Yang di Bangun Dalam Semalam

Tempat dan Bangunan Yang di Bangun Dalam Semalam

Tahukah Anda cerita tentang bangunan yang di kerjakan oleh bangsa jin dan oleh kejadian gaib lainnya? Begitu banyak persepsi yang muncul atas kejadian-kejadian ini, ada yang percaya ada juga yang menganggapnya hanya lelucon semata. Namun hal ini yang terjadi di kalangan masyarakat kita.
Bangunan dan tempat-tempat berikut konon dibangun hanya dalam waktu satu malam saja.

1. Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu terjadi dengan latar belakang kisah percintaan antara anak kepada ibu kandungnya. Alkisah Sangkuriang berpisah dari ibunya sejak kecil, kemudian setelah dewasa Ia bertemu kembali dengan sang ibu Dayang Sumbi. Sangkuriang yang tumbuh dewasa dan berwajah tampan bertemu Dayang Sumbi yang masih berparas cantik, kemudian Ia jatuh cinta kepada Dayang Sumbi.

Suatu hari Sangkuriang ingin melamar Dayang Sumbi, Sang ibu yang kemudian mengetahui bahwa pemuda itu anak kandungnya membuat syarat yang sulit agar sangkuriang gagal meikahinya. Dayang Sumbi minta dibuatkan Perahu besar dan danau yang harus dikerjakan dalam satu malam sebagai syarat untuk menikahinya.

Sangkuriang meminta bantuan para jin untuk membuat permintaan Dayang Sumbi. Pada saat pengerjaan perahu tersebut, Dayang sumbi membuat ayam berkokok lebih cepat dan membuat para jin pergi karena mengira hari sudah pagi. Mengetahui hal tersebut Sangkuriang marah dan menendang perahu tersebut yang kemudian menjadi gunung Tangkuban Perahu.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Sejarah Candi Prambanan tidak bisa lepas dari kisah percintaan Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang, mirip seperti kisah terbentuknya tangkuban perahu. Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang berasal dari kerajaan yang berbeda yang pada saat itu sedang bermusuhan. Mengetahui Bandung Bondowoso ingin mempersunting dirinya, Roro Jonggrang meminta dibuatkan 1.000 buah candi dalam 1 malam.

Untuk mewujudkan permintaan tersebut, Bandung Bondowoso melibatkan pasukan jin dalam pengerjaannya. Baru sepertiga malam, ternyata candi-candi tersebut hampir berhasil dibangun semua dan Roro jonggrang pun tidak tinggal diam karena khawatir akan menjadi istri Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang berhasil membuat ayam berkokok sebelum pagi hari dan menipu pasukan jin kemudian meninggalkan tempat itu.

Bandung Bondowoso yang mengetahui perbuatan Roro Jongrang marah besar dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca candi yang ke 1.000 yang kemudian dikenali orang sebagai patung Durga.

3. Masjid Rahmat

Masjid Rahmat
Masjid ini adalah sebuah mushola kecil peninggalan Sunan Ampel yang terletak di Jawa Timur. Bunga berwarna kuning yang terdapat disekitar mushola menghiasi tempat tersebut yang biasanya digunakan untuk sholat.

Namun suatu hari warga mendapati mushola tersebut berubah menjadi sebuah Masjid dengan bentuk yang mewah, padahal malam sebelumnya masih berbentuk mushola. Kemudian warga setempat menyebut masjid yang bernama asli masjid rahmat tersebut dengan sebutan Langgar Tiban atau musholla Kembang Kuning.

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid yang dibangun oleh Sunan Kalijaga ini terletak di kota Cirebon. Konon pada tahun 1489, Sunan Kalijaga membangun masjid ini hanya dalam waktu semalam dengan bantuan jin, mulai dari magrib hingga menjelang subuh masjid ini berhasil dibangun.

Tempat yang saat ini menjadi salah satu tempat bersejarah peninggalan islam, sekarang merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Jika diperhatikan dari struktur bangunan yang menggunakan sistem Knock Down, sangat memungkinkan jika masjid ini dibangun dalam waktu semalam karena mudah di bongkar pasang.

Komentar

Related posts

Read more:
Fakta Unik Suku Inca
5 Fakta Unik Suku Inca


Close