Batu Akik Paling Populer di Indonesia

Batu Akik Paling Populer di Indonesia

Demam batu akik sudah menjamur sampai ke pelosok negeri, bahkan untuk di Jabodetabek sendiri hampir setiap sudut dapat ditemui para pengrajin (pengasah) batu akik. Ekonomi masyarakat mengalami peningkatan sejak batu akik ramai diincar oleh para kolektor batu.

Di Indonesia hampir setiap daerah memiliki batu akik khas masing-masing, bahkan beberapa batu akik khas Indonesia sudah mendunia. Berikut ini beberapa batu akik asal Indonesia yang sangat populer :

1. Batu Bacan Doko

Batu Akik Paling Populer di Indonesia | Batu Bacan Doko

Batu akik ini berasal dari daerah pulau Bacan. Batu ini bahkan pernah terjual sampai Miliyaran rupiah, tingkat kekerasan batu ini mencapai 7 skala Mos.

2. Batu Giok Aceh (idocrase)

Batu Akik Paling Populer di Indonesia | Batu Giok Aceh

Batu berasal dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Beberapa waktu yang lalu ditemukan lebih dari 20 ton batu Giok Aceh yang ramai dibicarakan di media massa, Giok Aceh termahal pernah terjual mencapai 2,5 Milyar untuk 2,5kg dengan jenis Giok Aceh Solar.

3. Batu PancaWarna Garut

Batu Akik Paling Populer di Indonesia | Batu Pancawarna Garut

Tentu saja batu ini menjadi batu akik yang sangat populer saat ini, karena batu PancaWarna Garut dijadikan sebagai Suvenir pada acara KAA di bandung tahun 2015.

4. Batu Sungai Dareh

Batu Akik Paling Populer di Indonesia | Batu Sungai Dareh

Batu ini berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Sungai Dareh sendiri berarti “sungai deras” dalam bahasa minang. Batu ini memiliki warna khas hijau muda dan hijau tua, tentu dengan jenis yang berbeda.

5. Batu Akik Baturaja

Batu Akik Paling Populer di Indonesia | Batu Baturaja

Batu ini berasal dari daerah baturaja yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, Baturaja memiliki 5 varian warna yang sangat indah.

6. Batu Kalimaya Banten

Batu Akik Paling Populer di Indonesia | Batu Kalimaya Banten

Batu yang berasal dari Banten ini memiliki warna yang sangat eksotis, karena pancaran warna yang keluar dari batu kalimaya sangat indah dengan kombinasi warna yang dihasilkan.

Selain batu akik yang disebutkan diatas, masih banyak jenis batu Akik asli Indonesia yang populer saat ini. Diantaranya adalah, Batu Red Borneo, Batu Green Borneo, Batu Badar Besi, Batu Sisik Naga, Lumut Suliki dan masih banyak lagi.

Komentar

Related posts

Read more:
Beberapa Teori Di Balik Tenggelamnya Titanic Di Laut Atlantik
Beberapa Teori Di Balik Tenggelamnya Titanic Di Laut Atlantik


Close