Ini Buah Paling Langka di Dunia Yang Ada di Indonesia

Ini Buah Paling Langka di Dunia Yang Ada di Indonesia

Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang kebanyakan memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh kita. Setiap negara memiliki buah khas masing-masing sesuai dengan iklim yang dimilikinya. Iklim yang berbeda membuat keanekaragaman buah yang ada juga berbeda-beda. Dibawah ini buah paling langka di dunia yang hanya ditemukan di tempat tertentu saja. Tak jauh-jauh menengok negara lain, di Indonesia sendiri memiliki buah-buah langka yang jarang bisa ditemukan di negara lainnya.

1. Buah Manau

Ini Buah Paling Langka di Dunia Yang Ada di Indonesia - Buah Manau

Buah ini berasal dari tanaman rotan. bentuk buahnya mirip salak dengan sisik-sisik dan warnanya pun mirip, bedanya sisik yang tergambar di buah ini besar-besar. Rasa buah ini asam-manis. Akan enak dimakan bila dijadikan asinan. Buah Manau banyak terdapat di pulau Bangka, Belitung dan Sumatera serta Kalimantan. Dalam satu pohon saja kalau dipetik bisa menghasilkan buah setengah karung. Buah Manau biasa dijual di pasar tradisional yang ada di pulau-pulau atau daerah-daerah tersebut.

2. Buah Belimbing

Ini Buah Paling Langka di Dunia Yang Ada di Indonesia - Buah Belimbing

Buah Belimbing termasuk buah yang langka di dunia yang terdapat di Indonesia, saat ini agak susah dijumpai pohonnya. Biasanya tersedia di toko-toko buah namun memang tidak banyak peminat buah Belimbing ini. Buah dengan bentuknya yang seperti bintang ketika di belah dulunya banyak terdapat di halaman rumah namun rupanya saat ini susah ditemukan karena memang tidak banyak yang menyukai buah ini. Padahal rasanya yang asam-manis memberikan kesegaran tersendiri, apalagi kandungan airnya yang banyak sangat baik untuk tubuh.

3. Buah Keledang

Ini Buah Paling Langka di Dunia Yang Ada di Indonesia - Buah Keledang

Buah Keledang ini buah paling langka di dunia, hanya terdapat di Kalimantan dan bahkan disana juga termasuk langka. buah ini langka seiring berkurangnya hutan-hutan alami di Kalimantan. Buah Keledang mirip dengan buah Nangka namun memiliki bentuk isi yang berbeda. Jika dilihat sekilas maka akan mirip sekali dengan Nangka karena memang termasuk famili yang sama. Rasanya seperti campuran rasa Nangka dan rasa Manggis. Buah ini banyak tumbuh di hutan Kalimantan berbuah sekitar Desember. Buah ini banyak dijual di Samarinda dengan harga yang murah yaitu Rp. 2500.

4. Buah Maritam

Ini Buah Paling Langka di Dunia Yang Ada di Indonesia - Buah Maritam

Buah ini sama bentuknya seperti rambutan namun jika rambutan memiliki rambut, buah Maritam tidak memiliki rambut. Rasanya juga tidak jauh beda dengan rambutan malah cenderung sama.

5. Buah Kepayang

Ini Buah Paling Langka di Dunia Yang Ada di Indonesia - Buah Kepayang

Buah Kepayang ini dalamnya mirip dengan alpukat ketika dibuka. Dinamakan buah kepayang karena bila memakannya tidak akan bisa berhenti makan karena sangat enak.

Buah-buahan di atas ini buah paling langka di dunia yang adanya di Indonesia. Beberapa buah diatas menjadi langka karena ekosistem yang dirusak dan sebagiannya karena kurang lagi diminati masyarakat sehingga tidak banyak yang membudidayakannya.

 

Komentar

Related posts

Read more:
cabai dengan tingkat pedas yang extreme
Cabai Dengan Tingkat Pedas Yang Extreme


Close