Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan

Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan

Jembatan merupakan bangunan yang menghubungkan antara dua daratan yang terpisah. Ada berbagai macam bentuk jembatan di belahan dunia, dari yang buatan tangan sendiri hingga yang modern dan unik. Jembatan tersebut disebut unik karena gaya atau model bangunannya berbeda dari biasanya, sangat fantastis dan menakjubkan. Seperti beberapa jembatan terunik di dunia berikut ini:

1. Jembatan Millau (Perancis)

Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan - Jembatan Millau, Perancis

Jembatan Millau adalah jembatan dengan sanggahan kabel yang dibangun di atas lembah sungai Tarn, dekat dengan Millau, Perancis. Jembatan ini merupakan jembatan terunik dan tertinggi di dunia. Tingginya saja 1.125 kaki di atas lembah Tarn, lebih tinggi sedikit dari menara Eiffel, dan panjangnya 8.071 kaki.

2. Jembatan Banpo (Korea Selatan)

Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan - Jembatan Banpo, Korea Selatan

Jembatan Banpo terletak di pusat Seoul dan dibangun di atas sungai Han. Di kedua sisi jembatan ini dipasang 10.000 selang air mancur, sehingga menembakkan 190 ton air tiap menitnya. Jembatan ini menjadi objek wisata yang menarik sejak tahun 2009.

3. Henderson Waves (Singapura)

Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan - Henderson Waves, Singapura

Jembatan sepanjang 300 meter ini merupakan jembatan khusus pejalan kaki tertinggi, dengan kerangka terbuat dari baja dan didesain bergelombang seperti ombak di lautan. Dipadukan juga dengan kayu-kayu berbentuk melengkung sungguh terlihat sangat unik dan cantik.

4. Jembatan Teluk Hangzhou (Tiongkok)

Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan - Jembatan Teluk Hangzhou, Tiongkok

Jembatan ini panjangnya mencapai 22 mil. Selain menjadi salah satu jembatan terunik di dunia, jembatan Teluk Hangzhou juga menjadi jembatan terpanjang pertama di dunia.

5. Rolling Bridge (Britania Raya)

Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan - Rolling Bridge, Britania Raya

Jembatan ini sangat unik karena dapat menggulung sendiri. Saat jembatan direntangkan dalam posisi horizontal, jembatan ini dapat dilalui oleh pejalan kaki. Jembatan ini menggulung diri setiap Jum’at siang.

6. Jembatan Oliveira (Brasil)

Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan - Jembatan Oliveira, Brasil

Jembatan oliveira merupakan jembatan bentuk X pertama di dunia, juga sebagai jembatan tunggal di dunia dengan desain dua trek melengkung yang hanya dipatok oleh satu tiang beton.

7. Wind and Rain Bridge (Tiongkok)

Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan - Wind And Rain Bridge, Tiongkok

Wind and Rain bridge termasuk dalam jembatan terunik di dunia saat ini. Usia jembatan ini adalah 100 tahun. Arsitekturnya merupakan kayu murni. Jembatan ini dihiasi dengan pahatan dan bunga sehingga menjadi tambah unik.

8. Tower Bridge (Britania Raya)

Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan - Tower Bridge, Britania Raya

Jembatan ini membentang di atas sungai Thames, London. Dengan menggabungkan dua desain jembatan, angkat dan gantung. Jembatan gantung, untuk keandaraan, sedangkan yang angkat, di atasnya adalah untuk pejalan kaki yang tingginya 42 meter di atas sungai Thames. Dari jembatan angkat, Pengunjung dapat melihat keindahan kota London.

9. Ponte Vecchio (Italia)

Jembatan Terunik Di Dunia Yang Menakjubkan - Ponte Vecchio, Italia

Jembatan terunik di dunia yang terakhir yaitu jembatan Ponte Vecchio. Jembatan ini terbentang di atas sungai Arno, Florence, Italia, yang merupakan jembatan tertua dan terkenal di dunia. Berfungsi tidak hanya sebagai jembatan saja, tapi perdagangan, karena banyaknya pertokoan di sepanjang jalan jembatan ini.

Komentar

Related posts

Read more:
Fakta Unik Sahur
4 Fakta Unik Sahur Yang Tidak Kita Sadari


Close