Fenomena Makanan Palsu Yang Pernah Beredar

Fenomena Makanan Palsu Yang Pernah Beredar

Gaya hidup orang saat ini memang sangat berbeda dengan orang zaman dahulu, makanan yang dimakan pun lebih bervariasi. Diantara makan tersebut bukan hanya berbahaya, ternyata ada beberapa dari makanan tersebut merupakan makanan palsu alias sangat tidak boleh dimakan. Berikut ini daftar makanan palsu yang perlu diwaspadai oleh kita :

1. Bakpao Isi Kardus

Fenomena Makanan Palsu Yang Pernah Beredar - Bakpao Isi Kardus

Beberapa tahun silam masyarakat Tiongkok dikejutkan dengan ditemukannya Bakpao isi kardus, yang diberitakan oleh sebuah media lokal disana. Diketahui bakpao yang harusnya berisikan daging olahan isinya diganti dengan gilingan kardus yang dicampur dengan perisa dan lemak babi. Pemerintah yang bekerjasama dengan Beijing Municipal Food Safety Office membantah hal tersebut, dikatakan bahwa berita ini adalah berita palsu. Terlepas dari benar atau tidak berita tersebut, kita perlu mewaspadai jika makanan ini beredar disekitar kita.

2. Telur Sintetik

Fenomena Makanan Palsu Yang Pernah Beredar - Telur Sintetik

Anda pernah mendengar tentang telur sintetik yang beredar dipasaran? Ternyata memang pernah ditemukan telur palsu ini beredar di pasaran, telur tersebut dibuat dari bahan kimia yang tentunya tidak boleh dikonsumsi oleh manusia karena akan mengakibatkan kanker dan penyakit lain. Kemudian telur palsu ini ditarik dari pasaran karena sudah sangat membahayakan.

3. Tahu Palsu

Fenomena Makanan Palsu Yang Pernah Beredar - Tahu Palsu

Tahu palsu terbuat dari campuran protein kedelai, tepung, monosodium glutamat, pigmen, rongalite dan es batu. Menurut beberapa ahli kimia, rongalite biasanya digunakan sebagai pemutih. Penggunaan rongalite pada tahu palsu bertujuan untuk memadatkan tekstur tahu dan membuat tahu akan terlihat lebih putih. Para pembuat tahu palsu ini sudah ditangkap dan dipenjara karena melanggar hukum dan membahayakan orang yang memakannya. Sebagai informasi, mengkonsumsi tahu palsu akan mengakibatkan penyakit kanker dan sebagainya.

4. Daging Palsu

Fenomena Makanan Palsu Yang Pernah Beredar - Daging Palsu

Daging juga dipalsukan oleh sekelompok orang tidak bertanggungjawab di Tiongkok, kasus ini terungkap sejak adanya laporan konsumen yang merasakan perbedaan daging yang dimakannya. Ketika ditelusuri asal daging tersebut ternyata daging kambing itu terbuat dari campuran daging tikus, daging musang, dan daging rubah. Yang paling mengejutkan ternyata tidak banyak orang yang tidak bisa membedakan daging abal-abal ini dengan daging asli. Banyak toko penjual daging asli yang mendadak merugi bahkan bangkrut sejak beredar berita tersebut.

5. Beras Palsu (Sintetik)

Fenomena Makanan Palsu Yang Pernah Beredar - Beras Palsu

Nah, inilah yang sekarang sedang menjadi berita paling hot dikalangan masyarakat Indonesia. Bukan hanya daging, mie, wine, tahu, dan telur saja yang dipalsukan, baru-baru ini terdapat laporan adanya masyarakat yang membeli beras palsu tersebut, tepatnya seorang warga Bekasi (Jawa Barat) melaporkan kejadian ini sesaat setelah ia memasak beras yang kemudian mendapati ada yang aneh dari beras yang dimasak tadi. Ketika dicicipi ternyata beras tersebut terasa campuran bahan plastik dengan bau yang sangat menyengat. Saat ini pemerintah dan pihak kepolisian sedang berusaha mengungkap sindikat pembuat dan pengedar beras plastik ini.

Komentar

Related posts

Read more:
Fakta Unik Doraemon
Fakta Unik Doraemon


Close