Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata

Kepoan.com – Mitologi bisa berarti kajian atau sebuah kumpulan kisah-kisah yang bisa menjelaskan terbentuknya segala sesuatu yang ada di Dunia ini, mitologi sendiri biasa dikaitkan dengan cerita legenda pada masyarakat tertentu, daftar di bawah ini adalah beberapa cerita mitologi yang pernah ada di Dunia yang di percaya keberadaannya pernah ada, berikut misteri mitologi Dunia yang keberadaannya nyata:

Hobbit

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata - Hobbit

Jika Anda sudah pernah menonton film Lord of The Rings, maka akan ada kaum yang memiliki ras menyerupai manusia hanya saja tingginya tidak seperti manusia pada umumnya ras tersebut memiliki ukuruan sepertiga atau setengah dari ukuran manusia biasanya, ras manusia kerdil tersebut bernama Hobbit. Sebuah penggalian di Pulau Flores, Indonesia menemukan sebuah fosil kerangka yang mirip dengan manusia hanya saja tinggi badan serta bentuknya cuma sepertiga dari manusia biasa.

Dari sini para peniliti mengambil dua kesimpulan tentang penemuannya tersebut, pertama apakah memang benar adanya bahwa pernah ada ras yang gaya hidupnya berbeda dari manusia biasa dan biasa dikenal dengan Hobbit, atau penemuan tersebut dapat dijelaskan bahwa kerangka tersebut memiliki gangguan pertumbuhan saat hidup seperti yang terjadi pada manusia biasa yaitu microcephaly (gangguan atau kelainan pertumbuhan).

Dvaraka Kota Krishna

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata - Dvaraka Kota Krishna

Menurut legenda Hindu, Krishna (Dewa di Hindu) pernah berkuasa atas sebuah kota yang bernama Dvaraka atau Dwarka yang konon menurut cerita kota tersebut hilang ditelan oleh lautan. Bagi kaum Hindu, menemukan Kota Hilang Dvaraka ini sama saja seperti menemukan Kitab Perjanjian atau Cawan Suci. Kota ini sangat berbeda dengan kota-kota modern Dwarka di India pada saat ini, Dvaraka adalah kota dalam cerita legenda yang dikuasai oleh Krishna.

Para Arkeologi telah menemukan reruntuhan kota Kunp yang terdapat di lepas pantai di India yang memiliki ciri-ciri serupa dengan yang gambarkan pada kota legenda yang telah hilang tersebut tersebut. Bentuk bebatuan yang diindikasikan bahwa batu itu memang mirip serta menyerupai dengan batu-batu yang pernah ada di kota Dvaraka masih dalam kajian oleh beberapa para ahli. Bahkan ternyata Dvaraka termasuk salah satu kota paling tua dalam sejarah.

Wanita Amazon

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata - Wanita Amazon

Wanita Amazon digambarkan sebagai perawakan wanita yang amat kuat serta melambangkan bentuk pejuang wanita yang dapat disejajarkan dengan pejuang pria. Seorang sejarawan Yunani bernama Herodotus menuliskan dalam sebuah catatannya bahwa para wanita Amazon menikah dengan para pria Scythian (sebuah suku penunggang kuda Eurasia). Para wanita Amazon tersebut menyetujui untuk menikah dengan pria kaum Scythian tersebut dengan syarat kalau anak-anak perempuan mereka tetap diperbolehkan untuk mengikuti tradisi pejuang wanita ini.

Jika tidak terdapat bukti tentang cerita ini tentunya cerita wanita amazon tersebut sangat tidak layak untuk dimasukkan dalam daftar misteri mitologi Dunia yang keberadaannya nyata. Namun ternyata terdapat bukti tentang cerita ini, yaitu sebuah kuburan yang telah ditemukan di padang rumput kawasan Eurasia, temuan tersebut menunjukkan bahwa Wanita Amazon tersebut memiliki hal yang telah dideskripsikan oleh para ahli sejarah. Fosil mereka ditemukan memiliki tulang yang terkena luka pedang dan dikubur bersama pedang, panah, pisau dan bukti-bukti perjuangan lainnya.

Naga

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata - Naga

Walaupun bentuknya tidak seperti naga yang pernah kita bayangkan, namun mungkin saja bentuk asli dari hewan mitologi tersebut bisa dikatakan mirip dengan sosok Naga yang pernah kita kenal, yaitu Komodo Dragon atau yang biasa disebut sebagai Naga Komodo atau Komodo saja, hewan itu dapat kita jumpai di Pulau Komodo, Indonesia yang tlah menjadi salah satu keajaiban dunia saat ini. Para peneliti telah menemukan fosil dari nenek moyang Komodo tersebut, yaitu Megalania.

Megalania merupakan hewan kadal dengan ukuran raksasa yang bisa tumbuh hinga ukuran 8 meter dengan berat mencapai 1,9 ton. Megalania ini adalah temasuk salah satu hewan yang mematikan, mahluk hidup yang terkena gigitannya akan disalurkan racun melalui mulutnya sampai berdarah hingga korban yang dimangsanya mati, gigitannya tersebut akan membuat daging mangsanya membusuk secara perlahan.

Kraken

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata - Kraken

Menurut cerita Kraken adalah sosok mahluk mitologi yang mendiami dasar laut dengan keganasan dan wujudnya yang sangat mengerikan. Kraken menurut kepercayaan digambarkan menyerupai hewan laut seperti Cumi-cumi yang mempunyai ukuran raksasa, karena ukurannya yang besar itu kraken dapat dengan mudah menghancurkan kapal.

Hal ini akan masuk akal jika kita korelasikan mahluk mitologi tersebut dengan hewan laut yang ada yaitu Cumi-cumi Raksasa atau Colossal Squid. Dengan ukuran panjang mencapai 14 meter serta ukuran tangan dan matanya yang jauh melebihi ukuran cumi besar lainnya. Cumi-cumi raksasa inilah yang konon sering digambarkan bertarung dengan ikan paus di dalam lautan.

Kapten Ahab dan Moby Dick

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata - Kapten Ahab & Moby Dick

Moby Dick yang diinspirasi dari Sperm Whale (Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak) raksasa yang berwarna putih adalah mitologi yang nyata, bahkan dalam kisah aslinya ternyata lebih menyeramkan dari kisah mitologinya. Dia dinamakan Mocha Dick, dimana diceritakan kalau paus raksasa ini telah berhasil menghancurkan hingga seratus lebih kapal pemburu paus, bahkan dia dipercaya menurut cerita pernah menghancurkan 3 kapal pemburu paus sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Kapten Ahab itu sendiri merupakan seorang kapten yang sangat senang memburu paus Moby Dick. Kapten Ahab yang dipercaya hidup sejaman dengan Mocha Dick memiliki nama asli Kapten Pollard. Kapal kapten Pollard itu juga dihancurkan oleh paus tersebut akibat ulahnya yang senang memburu paus, dan akhirnya memaksa sang kapten beserta krunya untuk melakukan kanibalisme demi bertahan hidup. Setelah mampu bertahan hidup, kapten Pollard kemudian kembali melaut menggunakan kapalnya yang baru. Namun sayang, kapalnya yang baru dikendarainya itu tenggelam lagi yang diakibatkan oleh sapuan badai yang besar ditengah laut.

Scylla dan Charybdis

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata - Scylla & Charybdis

Odysseus, adalah seorang raja Yunani terkenal bersama dengan Kuda Trojannya (Trojan Horse). Suatu hari sang raja berlayar di tengah laut dan menemui sebuah selat sempit yang harus dilaluinya, selat tersebut didiami monster pada kedua tepi daratannya. Pada sisi yang satu adalah monster Scylla, seekor monster dengan wujud berkepala banyak dan akan menyerang siapa saja yang mendekat selat itu, dan pada sisi tepi satunya adalah Charybdis, monster laut yang akan menyerang kapal dengan menarik kapal tersebut masuk kedalam laut dengan pusaran air yang dibuatnya. Akhirnya Odysseus sang raja memutuskan untuk mendekati tepian yang didiami Scylla dari pada Charybdis karena menurutnya akan sedikit kehilangan kru kapal.

Straits of Messina (Teluk Messina) berada di antara Sisilia dan daratan utama Italia yang dipercaya adalah lokasi yang menjadi tempat Scylla dan Charybdis tinggal. Charybdis sebenarnya memang pusaran air yang terjadi dilautan bukan sebab oleh seekor monster di dalam legenda, sedangkan di teluk ini terdapat tebing berbatu yang menggambarkan wujud dari kepala Scylla.

Berserker

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata - Berserker

Berserker adalah pejuang dalam mitologi Norwegia Kuno yang diceritakan ketika bertarung mempunyai karakter yang sangat liar, tak terkontrol dan mengamuk, mereka adalah para prajurit yang ditakuti dalam mitologi kala itu, tujuan mereka hanya satu yaitu menghabisi siapapun yang berada dihadapannya.

Mitologi ini rupanya benar ada. Berserker atau keadaan fisik seseorang ini mampu dibuat dengan menelan sebuah obat sebelum berperang yang akan memberikan efek mabuk seketika, seperti sebuah halusinogen. Dan akan menyebabkan bagi yang meminumnya tidak akan mengenal rasa takut, sakit, lebih kuat serta marah dengan seketika seperti mengamuk. Obat seperti bufotenin yang ada saat ini dipercaya mampu memberikan hal yang serupa.

Menara Babel

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata - Menara Babel

Dikisahkan saat Raja Babilonia Modern, Nebuchadnezzar II, sedang membuat sebuah menara yang amat tinggi dengan tujuan untuk melihat Surga namun hal tersebut membuat Tuhan murka, lalu menara itu dihancurkan oleh-Nya. Anda bisa melihat hal yang sama di sini.

Hanya saja ini bukan puing-puing sisa reruntuhan menara Babel yang dihancurkan Tuhan. Ini adalah bangunan Ziggurat (struktur bangunan raksasa seperti Pyramid), yang dibangun sebagai kuil Dewa Marduk (Dewa Matahari Babilonia) yang lalu dihancurkan oleh Alexander the Great (Raja Macedonia yang telah menciptakan sebuah kerajaan yang besar dalam sejarah kuno).

Alexander kemudian berniat untuk membangun kembali tempat reruntuhan tersebut untuk membesarkan namanya, tapi hal itu tidak berhasil sebab dia meninggal sebelum pembangunan tersebut selesai. Setelah itu banyak orang-orang yang berusaha untuk membangun kembali reruntuhan tersebut namun selalu gagal.

Imoogi

Misteri Mitologi Dunia Yang Keberadaannya Nyata - Imoogi

Misteri mitologi Dunia yang keberadaannya nyata yang terakhir ialah Imoogi seekor mahluk mitologi berasal dari legenda Korea, adalah sebuah mahluk yang menyerupai ular raksasa dan setara dengan dragon (naga). Imoogi ini dipercaya sebagai calon naga yang jika dia mampu hidup selama ribuan tahun, dia akan berubah bentuk seekor naga sesungguhnya dan mampu terbang ke langit.

Meski ternyata dalam keberadaan aslinya bukan berada di Korea, tetapi Amerika Selatan, diketemukan bahwa telah ada seekor ular phyton berukuran raksasa yang dianggap sebagai cikal bakal dari mahluk mitologi Imoogi. Ular phyton raksasa itu adalah Titanoboa yang mempunyai ukuran panjang 14 meter dan bobotnya lebih dari 1 ton. Mahluk ini bisa menelan manusia hidup-hidup. Tapi sayangnya, mahluk tersebut telah punah sekitar 58-60 juta tahun yang lalu.

Komentar

Related posts

Read more:
Negara-negara dengan Waktu Puasa Terpanjang di Dunia
Negara-negara dengan Waktu Puasa Terpanjang di Dunia


Close