Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia

Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia

Dalam kehidupan ini keberadaan dari sosok iblis dan mahluk-mahluk sejenisnya memang tidak bisa kita pisahkan begitu saja, banyak fakta serta literature yang mengungkapkan tentang sosok iblis, baik dalam cerita kuno, legenda masyarakat tertentu, hingga kepercayaan tentang keberadaan mahluk tersebut yang bisa kita lihat dalam bentuk tulisan serta film-film yang menggambarkannya, diantara sosok iblis yang dikenal di Dunia bahkan ada beberapa yang hingga saat ini dipercayai keberadaannya. Berikut daftarnya.

Satan

Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia -  Satan

Satan yang merupakan Lucifier dianggap memiliki versi yang berbeda antara Satan dan Lucifer, dimana Lucifer adalah perwakilan dari kebanggaan sedangkan Satan adalah perwakilan mengenai kemarahan di 7 Dosa Mematikan.

Pemahaman ini dianggap keliru, ‘kebanggaan’ dan ‘kemarahan’ sebenarnya disimbolkan oleh Satan secara bersamaan. Sewaktu satan berwujud sebagai Lucifer, dia telah memiliki dosa ‘kebanggaan’ lalu ketika dia dibuang dari Surga dan berubah nama menjadi Satan, dia memiliki 1 dosa lagi, yaitu ‘kemarahan’.

Banyak juga orang yang percayai bahwa semua iblis yang lain, seperti Beelzebub, Leviathan, Mephistopheles dan sebagainya merupakan identitas lain dari diri Satan itu sendiri. Satan yang dipercaya oleh sebagian orang dianggap sebagai Iblis yang terkuat dan berkuasa atas Neraka.

Lucifer

Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia - Lucifer

Lucifer, yang juga biasa diartikan sebagai ‘Bintang Kejora’ atau ‘Pembawa Cahaya’ adalah sosok iblis yang dikenal di Dunia, dia merupakan nama lain dari Satan sebelum dia diusir dan terbuang dari Surga karena menentang perintah Tuhan dan disebut-sebut sebagai malaikat yang jatuh (fallen angel). Dia adalah perwakilan dari ‘kebanggaan’ di 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins). Uniknya, jika Anda pernah menonton film Constantine, terlihat Lucifer membunuh Mammon, dikarenakan dia sangat membanggakan dirinya sendiri sampai-sampai anaknya pun tidak diijinkan untuk melampaui kelebihan dirinya.

Mulanya Lucifer merupakan sosok malaikat yang memiliki derajat tertinggi sangat dekat dengan Tuhan, dan karena hal tersebut Tuhan memberinya kuasa untuk berkuasa terhadap bumi. Sayangnya, karena Lucifer terlalu angkuh dan sombong dengan dirinya sendiri (kebanggaan) dan sangat ingin menguasai semuanya, sewaktu Tuhan meninggalkan singasananya, dia menduduki singgasana tersebut. Hal tersebut menyebabkan perperangan antar para malaikat, lalu malaikat Michael berhasil mengusir Lucifer keluar dari Surga namanya-pun diubah menjadi Satan.

Beelzebub (Baal/Bael)

Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia - Beelzebub

Pernah membaca tentang manga Beelzebub? Ya, Beelzebub yang dimaksud adalah sama dengan bayi bernama Beelzebub pada manga tersebut. Dikisahkan bahwa namanya adalah Baal atau Bael yang merupakan sebagai Raja Pertama Neraka dan melambangkan “kerakusan”, dimana dia akan selalu merayu serta membujuk manusia untuk memilih-milih makanan, makan makanan yang berharga mahal, makan dengan porsi banyak dan makan dengan secara rakus.

Dia juga selalu disimbolkan dengan wujudnya sebagai Dewa Lalat dan kehadirannya dianggap sebagai musibah bagi manusia dan Surga sendiri. Hal itu karena disebabkan karena sifatnya yang rakus dan tamak. Dia merupakan Raja Pertama Neraka yang mengajarkan kemampuan menghilang dan memanipulasi.

Mammon

Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia - Mammon

Jika Anda pernah menonton film Constantine, maka Anda akan melihat sosok iblis yang satu ini, iblis yang bernama Mammon adalah anak keturunan dari Lucifer. Beberapa cerita lain mengatakan bahwa Mammon adalah anak dari Satan yang juga merupakan salah satu dari 7 pangeran neraka dengan simbol keserakahan dan kekayaan (greed).

Mammon itu sendiri adalah sosok iblis yang sering dilambangkan sebagai wujud Iblis yang amat rakus dengan uang, harta namun sangat kikir terhadap bangsa sesamanya. Dia selalu menambah dan memperbanyak kekayaannya dengan merampas kekayaan para penyembahnya. Uniknya lagi, kata ‘mammon’ pada istilah non-formal di Jerman, mempunyai arti uang.

Belphegor

Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia - Belphegor

Sosok iblis ini termasuk salah satu dari 7 Pangeran Neraka yang merupakan perwakilan dari simbol kemalasan (sloth). 7 Pangeran Neraka itu sendiri merupakan sebutan untuk para iblis yang mewakili 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins). Iblis yang satu ini dipercaya memiliki wujud yang sangat mengerikan mempunyai jenggot, memiliki tanduk dan berkuku tajam.

Dia adalah sosok iblis yang akan memberi seseorang kekayaan dengan jalan apapun, biasanya melalui penemuan-penemuan yang luar biasa. Setelah orang itu menjadi kaya, maka kemudian orang tersebut menjadi pemalas, tujuan inilah yang dicari oleh Belphegor, karena dia bertugas untuk menghasut serta mengajak manusia bermalas-malasan

Asmodeus (Asmoday)

Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia - Asmodeus

Dalam cerita mengenai 9 tingkatan neraka, Asmodeus muncul sebagai salah satu sosok iblis yang menjadi raja pada salah satu tingkatan tersebut. Meski demikian, Asmodeus tetap merupakan sebagai perwakilan dari 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins) yang melambang tentang nafsu birahi (Lust).

Dia sering digambarkan dengan wujudnya yang kuat, serta memiliki 3 kepala, yang pertama adalah banteng, kedua mirip seperti kepala manusia dan yang ketiga kepala domba jantan. Selain itu, dia mempunyai buntut yang menyerupai ekor ular dan mulutnya mampu menyemburkan api dan dia pun mengendarai seekor mahluk naga dari neraka. Manusia yang terjerat dalam bisikan serta hasutan godaan Asmodeus akan dihukum selamanya di dalam neraka tingkat ke dua (neraka tingkat dua ialah tingkatan neraka bagi mereka yang terbiasa akan dosa seks dan pikiran kotor).

Leviathan

Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia - Leviathan

Sosok iblis yang dikenal di Dunia yang satu ini sering muncul dan digambarkan sebagai sosok iblis dengan mulut yang sangat besar serta mengerikan yang berada dan mendiami laut lepas yang akan memangsa apapun dihadapannya. Leviathan itu sendiri juga merupakan perwakilan dari 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins), yang dilambangkan sebagai sifat iri (envy).

Mengapa dia seringkali dihubungkan dengan perwujudan mulut besar mengerikan dan berada di laut? Hal itu disebabkan bahwa Leviathan dipercaya sebagai penguasa lautan yang melambangkan air, bersama dengan Behemoth iblis penguasa daratan, dan Ziz iblis yang menguasai udara. Iblis yang satu ini dianggap sebagai salah satu penjaga Neraka dimana mulutnya sering dilambangkan dengan pintu neraka.

Astaroth (Inanna/Isis)

Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia - Astaroth

Sama halnya seperti Azazel, Astaroth merupakan salah satu sosok iblis yang termasuk dari 4 Raja Neraka. Namun versi lain mengatakan bahwa dia hanyalah Bangsawan Tingkat Satu di Neraka. Di zaman modern saat ini, bersama dengan iblis Beelzebub, Astaroth mewakili lambang kemalasan dalam 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins).

Rupa sosok yang satu ini digambarkan dengan iblis berwujud manusia dengan memiliki sayap , menggunakan mahkota, tangannya memegang ular serta menaiki mahluk yang mempunyai sayap seperti naga dan berbuntut ular. Sebagai iblis, dia akan terus selalu menggoda dan menarik manusia ke dalam siksaan yang abadi.

Komentar

Related posts

Read more:
5 Hantu Legenda Indonesia
5 Hantu Legenda Indonesia


Close