Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia

Kepunahan merupakan sebuah ancaman yang selalu mengintai setiap makhluk hidup, banyak faktor yang menyebabkan kepunahan sebuah spesies baik dari berubahnya iklim, rusaknya ekosistem, hingga perburuan yang dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Disini kepoan.com ingin merangkumkannya untuk kalian dalam daftar hewan-hewan yang terancam punah di Dunia.

1. Burung Condor California

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia - Burung Condor California

California Condor atau dalam bahasa latinnya Gymnogyps Californianus mempunyai masa hidup hingga 50 tahun. Tetapi manusia yang melakukan perburuan, racun, dan hilangnya habitat, menjadikannya salah satu burung paling langka di dunia. Bahkan pada era tahun 1980-an, burung ini nyaris tak bersisa. Berkat usaha pelestarian, saat ini masih ada 332 burung Condor yang tersisa, dan 152 diantaranya berada di alam bebas.

2. Orangutan Sumatera

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia - Orangutan Sumatra

Orangutan yang berhabitat di Indonesia ini mengalami nasib yang sungguh mengenaskan dikarenakan perburuan dan hilangnya habitat yang dilakukan akibat ulah manusia. Selain itu, Orangutan Sumatra yang memiliki bahasa latin Pongo Abelii ini sangat sulit bertambah dikarenakan siklus reproduksi yang rendah. Bayangkan dari satu Orangutan betina dewasa hanya mampu memproduksi tiga keturunan sepanjang hidupnya. Maka dari itu dibutuhkan perhatian dari kita dan pemerintahan kita pada khususnya untuk menangani permasalahan ini dengan serius.

3. Hiu Gangga

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia - Hiu Gangga

Sesuai dengan namanya Hiu Gangga hewan dengan bahasa latin Glyphis Gangeticus memiliki habitat di Sungai Gangga, India. Penyebab kepunahan spesies ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh perburuan serta rusaknya habitat karena polusi air, dan meningkatnya aktifitas warga di Sungai Gangga yang turut menjadi salah satu dari penyebab punahnya Hiu Gangga.

4. Gorilla Gunung

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia - Gorilla Gunung

Gorilla Gunung atau Gorilla Beringei mengalami pengurangan populasi yang cukup drastis karena penggundulan hutan yang mengakibatkan hilangnya habitat mereka, juga perburuan, dan perdagangan ilegal yang menjadikan hewan ini sebagai peliharaan. Membuat populasi mereka menurun drastis hingga tersisa hanya 720 individu di alam liar. Tak heran jika hewan yang satu masuk dalam daftar hewan-hewan yang terancam punah di Dunia.

5. Buaya Filipina

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia - Buaya Filipina

Buaya Filipina, reptil yang memiliki nama latin Crocodylus Mindorensis ini memiliki status dilindungi oleh otoritas pemerintah Filipina namun saat ini hanya tersisa 100 ekor dewasa yang tersisa di alam liar Filipina.

6. Black Footed Ferret

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia - Black Footed Ferret

Black Footed Ferret merupakan mamalia kecil dengan nama latin Mustela Nigripes dalam keadaan terancam kehidupannya karenapembangunan fasilitas untuk manusia yang hanya menyisakan habitat kurang dari dua persen dari ukuran aslinya.

7. Harimau Siberia

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia - Harimau Siberia

Jumlah Harimau Siberia yang memiliki nama latin Panthera Tigris Altaica saat ini di alam bebas diperkirakan hanya berjumlah 350 – 450 ekor. Ancaman utama dari kepunahan Harimau Siberia ini adalah perburuan untuk diambil bulu dan tulangnya.

8. Serigala Merah

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia - Serigala Merah

Serigala Merah yang memiliki nama latin Canis Lupus Rufus berhasil melewati masa Pleistosen. Namun nampaknya hewan yang satu ini mengalami sedikit masalah di dunia modern manusia. Dulunya, serigala ini menyebar di tenggara Amerika Serikat. Tetapi populasi serigala merah akhirnya menurun tajam setelah adanya program kontrol predator dan hilangnya habitat. Diperkirakan hanya tinggal 100 ekor yang tersisa di alam liar Carolina Utara. 150 lainnya menjadi penghuni fasilitas penangkaran di seluruh AS.

9. Paus Western Gray

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia - Paus Western Gray

Mamalia Laut yang satu ini sudah dilindungi sejak tahun 1947, namun populasi Paus Western Gray yang memiliki nama latin Esrichtiius Robustus gagal pulih total. Bayangkan hanya ada 100 ekor dari paus ini di alam liar, dan hanya 23 ekor diantaranya yang merupakan betina produktif.

10. Badak Sumatra

Hewan-Hewan Yang Terancam Punah Di Dunia - Badak Sumatra

Badak Sumatera yang memiliki nama lain Dicerorhinus Sumatrensis merupakan spesies badak terkecil dan populasi terbesar ada di Indonesia. Walaupun badak jenis ini dapat ditemukan pula di hutan hujan atau rawa di India dan Asia Tenggara. Saat ini jumlahnya diperkirakan hanya tinggal 300 ekor di Dunia. Penyebab utamanya adalah perburuan ilegal demi cula yang mencapai harga lebih dari Rp. 285 jutaan per kilogram di pasar gelap.

Demikian hewan-hewan yang terancam punah di Dunia menurut jurnal yang dikeluarkan oleh Live Science pada bulan Agustus 2012, namun naasnya 2 diantara hewan-hewan yang terancam punah di Dunia tersebut merupakan hewan yang penyebaran terbesarnya berada di indonesia.

So, Kepoan.com ingin mengajak teman-teman sekalian untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, tidak penting seberapa besar atau kecilnya namun segala hal yang kalian lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan kita memberikan dampak yang besar bagi lingkungan sekitar.

Komentar

Related posts

Read more:
Fakta Unik Legenda Hidup The Beatles, Paul McCartney
Fakta Unik Legenda Hidup The Beatles, Paul McCartney


Close