Indonesia Negara Kepulauan Terkaya di Dunia

Indonesia Negara Kepulauan Terkaya di Dunia

Kepoan.com – Negara kita adalah termasuk salah satu negara yang memiliki cadangan kekayaan alam terbaik di Dunia, tak hanya kekayaan alam isi buminya saja, Indonesia sebagai negara agraris memiliki berbagai macam hasil kekayaan pertanian serta memiliki isi kandungan kekayaan lautnya, untuk itu juga Indonesia disebut sebagai negara maritim yang mempunyai hasil laut dan kekayaan laut yang bersifat pariwisata. Indonesia sebagai negara kepulauan terkaya di Dunia hingga kini masih memiliki cadangan kekayaan yang tak terhingga, berikut fakta tentang kekayaan alam Indonesia.

Pulau Sumatera (Pulau Emas)

Indonesia Negara Kepulauan Terkaya di Dunia - Pulau Sumatera - Pulau Emas

Pada zaman kuno sebelum masehi pulau Sumatera dalam bahasa Sansekerta disebut dengan nama Suwarnadwipa (Pulau Emas) atau Suwarnabhumi (Tanah Emas), dimana nama-nama tersebut tercatat dalam berbagai naskah-naskah India kuno, Pulau Sumatera juga dikenal dengan Andalas pada zaman dulu kala.

Pada era Dinasti ke-18 Fir’aun di Mesir atau sekitar 1.567 SM-1.339 SM, di pesisir barat pulau Sumatera terdapat pelabuhan kuno pada zaman itu yang dikenal dengan nama Barus (Lobu Tua – daerah Tapanuli) yang telah ada sekitar 3000 tahun sebelum Masehi. Barus yang dikenal sebagai lokasi tambang kapur barus. Ternyata telah dijadikan sebagai salah satu bahan pengawetan untuk mummy Fir’aun Mesir kuno.

Dalam manuskrip purba Yahudi tercatat bahwa di Sumatera pernah terdapat sebuah kerajaan yang bernama Ophir, ophir yang berada di Sumatera Barat kini dikenal dengan nama Gunung Talamau yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat. Konon Ophir dulu adalah sebuah tempat yang dijadikan perbekalan emas oleh Nabi Sulaiman pada masanya.

Kerajaan Minangkabau dianggap sebagai pusat kawasan emas terbesar di Sumatera, bahwa di kerajaan tersebut terdapat sebuah gunung yang tinggi yang mengandung emas hingga saat ini, saat ini Pulau Sumatera masih menjadi pulau dengan tambang seperti batu bara, emas, dan timah hitam sebagai hasil buminya, dan bukan tidak mungkin Pulau Sumatera masih menyimpan hasil Emas yang melimpah yang masih tersembunyi, jika hal itu telah terjadi maka Sumatera akan kembali menjadi Pulau Emas.

Pulau Jawa (Pulau Padi)

Indonesia Negara Kepulauan Terkaya di Dunia - Pulau Jawa - Pulau Padi

Dalam bahasa Sansekerta kuno Jawa dulu dikenal dengan nama JawaDwipa yang berarti Pulau Padi, dalam epik Hindu Ramayana kuno disebutkan “Jawadwipa, dihiasi tujuh kerajaan, Pulau Emas dan perak, kaya dengan tambang emas”, seorang ahli Geografi Yunani kuno Ptolomeus juga menulis tentang Negeri Emas dan Negeri Perak yang memiliki pulau-pulau yang salah satu pulaunya disebutnya dengan Labadiu atau Pulau Padi.

Banyak para pakar yang menyatakan bahwa pulau tersubur di dunia adalah Pulau Jawa, hal ini dikaitkan dengan konsentrasi gunung berapi di pulau Jawa yang cukup tinggi, banyak gunung berapi aktif di pulau Jawa, karena itulah pulau ini amat subur karena mengandung banyak protein tanah yang baik untuk kesuburan tanaman.

Raffles yang menuliskan dalam bukunya berjudul “The History Of Java”, berkata bahwa apabila seluruh tanah di Jawa itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai ladang untuk bercocok tanam, maka dapat dipastikan bahwa tidak ada yang mampu menandingi kualitas, kuantitas, serta varian dari hasil pertanian tanah pulau Jawa.

Saat ini pulau Jawa menjadi pemasok kebutuhan bahan pangan terbesar Indonesia sebanyak 53%, dengan curah hujan serta iklim yang sangat serasi pulau Jawa mampu menghasilkan berbagai macam hasil pertanian yang sangat baik di banding negara lain.

Kepulauan Sunda kecil (Bali, NTB dan NTT) – Kepulauan Wisata

Indonesia Negara Kepulauan Terkaya di Dunia - Kepulauan Sunda Kecil (Bali, NTB, NTT) - Kepulauan Wisata

Para ahli Bumi di Eropa menamakan kepulauan Indonesia dengan kepulauan Sunda Besar dan kepulauan Sunda Kecil, kepulauan Sunda Besar yang berisi Sumatera, Jawa, Madura dan Kalimantan. Sedangkan Sunda Kecil merupakan gugusan pulau Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, dan Timor.

Kepulauan sunda kecil pada masa kuno telah dikenal dengan keindahan serta kecantikan panoramanya, tercatat bahwa pada abad 8 Resi Markandiya telah melakukan perjalanan wisatanya dari Jawa ke Bali, begitu juga dengan Empu Kuturan yang mengunjungi Bali pada abad 11, pada 1920 lalu kemudian banyak wisatawan Eropa yang mengunjungi Bali sebagai tempat wisata mereka, saat itulah bali disebut dengan The Island Of Gods oleh pelancong Eropa.

Masih di kep. Sunda kecil tepatnya di Nusa tenggara Barat yang terkenal dengan hasil ternak sapi, kuda, dan kerbaunya. Tak hanya itu hasil kuda Nusa Tenggara Barat juga sudah dikenal pada ratusan tahun yang lalu, di tempat ini juga para Raja-raja dari kerajaan Bali datang membangun Taman Narmada pada tahun 1727 Masehi, yang dibangun di daerah Lombok.

Di daerah sunda kecil yang tak kalah pula adalah Nusa Tenggara Timur, di tempat inilah hasil kayu cendana terbesar Indonesia, perlu anda ketahui bahwa cendana adalah tumbuhan hutan kayu asli Indonesia, dan cendana ini sendiri telah dikenal jauh pada masa kuno sebagai kayu yang sangat baik kualitasnya.

Saat ini kepulauan sunda kecil telah terkenal menjadi destinasi wisata terbaik di dunia, Bali dengan pantai serta tempat-tempatnya yang eksotis, Lombok yang dikenal sebagai wisata laut serta pantai pasir putihnya yang indah, serta di Nusa Tenggara Timur yang mempunyai Pulau Komodo yang kini dijadikan sebagai salah satu keajaiban Dunia yang tentunya itu semua merupakan anugerah kekayaan dan dimiliki Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara manapun.

Kalimantan – Pulau Lumbung energi

Indonesia Negara Kepulauan Terkaya di Dunia - Kalimantan - Pulau Lumbung Energi

Pada masa kuno terdapat pulau terbesar ketiga di Dunia yaitu Warunadwipa yang berarti Pulau Dewa Laut. Kalimantan dalam literatur China (T’ai p’ing huan yu chi) disebut dengan istilah Chin li p’i shih. Dalam naskah-naskah Jawa kuno Kalimantan disebut juga Nusa Kencana sedangkan orang Melayu menyebutnya dengan Pulau Hujung Tanah (P’ulo Chung). Borneo adalah nama yang digunakan untuk sebutan Kalimantan pada masa kolonial Inggris dan Belanda.

Pada masa kuno banyak pedagang asing datang ke pulau ini untuk berburu hasil alam yang berupa kamfer, lilin dan sarang burung walet denga melakukan sistem barter dengan guci keramik yang memiliki nilai tinggi pada masyarakat Dayak kuno. Tak hanya itu masyarakat India serta orang Melayu kuno dahulu juga telah memasuki wilayah pulau Kalimantan yang berada pada muara-muara dekat sungai yang djadikan sebagai lahan untuk bercocok tanam pada masa itu, dan masyarakat pada masa itu telah banyak menemukan tambang emas dan intan di pulau ini.

Saat ini Pulau Kalimantan telah menjadi salah satu pulau di Indonesia yang memiliki kekayaan alam sebagai sumber daya energi, seperti hasil batu bara, gas, minyak, dan geothermal. Sedangkan hutan di Kalimantan mengandung gambut yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk pembangkit tenaga listrik, tak hanya itu hutan Kalimantan juga disebut-sebut sebagai paru-paru Dunia. Dan yang lebih sangat luar biasanya lagi di Kalimantan saat ini telah ditemukan lokasi yang mempunyai kandungan Uranium yang cukup banyak dan dapat diolah sebagai tenaga Nuklir atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Sulawesi – Pulau besi

Indonesia Negara Kepulauan Terkaya di Dunia - Sulawesi- Pulau Besi

Sulawesi memiliki nama kuno ‘Sula’ yang berarti Besi, pada masa kuno pulau Sulawesi sudah dikenal sebagai pulau yang memilki kekayaan alam dengan hasil tambang besi terbaik, maka tak heran jika Ussu serta sekitar danau Matana memiliki kandungan besi juga nikel.

bangsa Arab menyebut Sulawesi dengan sebutan Sholibis. Orang Belanda memberi nama pulau Sulawesi dengan nama Celebes. Para pakar sepakat bahwa Pulau ini sendiri sudah dihuni manusia kurang lebih 35.000 tahun lalu, hal itu dibuktikan dengan ditemukannya prasasti purba di Pulau ini. (Baca: Misteri Peradaban Dunia Tertua Yang Ada di Indonesia)

Pada abad 15 hingga 19 Sulawesi telah menjadi gerbang Kepulauan Maluku sebagai surganya rempah-rempah pada saat itu, pada abad 14 masyarakat Sulawesi telah mampu membuat Perahu pinishi yang oleh masyarakat Bugis digunakan sebagai kendaraan untuk mengarungi samudera, konon pelayaran suku Bugis kala itu telah mencapai Madagaskar, yang pada masa itu dianggap kalau perahu buatan suku bugis saat itu adalah yang terbaik

Sekarang Sulawesi telah sangat kaya dengan hasil alamnya seperti besi, tembaga, nikel, titanium, perak, mangan, semen, emas, pasir besi/hitam, belerang, kaolin serta bahan galian C seperti pasir, batu, krikil dan trass. Andai saja dikelola dengan baik dan adil maka dapat dipastikan rakyat Indonesia dan Sulawesi khusunya akan sangat sejahtera.

Maluku – Kepulauan rempah-rempah

Indonesia Negara Kepulauan Terkaya di Dunia - Maluku- Kepulauan Rempah-rempah

Maluku mempunyai nama asli ‘Jazirah Al-Mulk’ yang bermakna semenanjung kerajaan yang memiliki kerajaan-kerajaan kecil. Maluku yang juga dikenal sebagai kawasan seribu pulau memiliki keaneka ragaman budaya serta hasil bumi rempah-rempah yang sangat berlimpah, bangsa kolonial belanda pada masa lalu mencatat bahwa terdapat Tiga Emas Dari Timur (the three golden from the east), yaitu Banda, Ambon serta Ternate, sedangkan Tome Pirez menyebutnya sebagai The Spices Island dalam karya bukunya yang berjudul ‘Summa Oriental’, yang menjadikan Indonesia negara kepulauan terkaya di Dunia.

Maluku sendiri pada zaman kuno telah terkenal sebagai penghasil rempah-rempah seperti cengkeh dan pala terbaik, cengkeh yang merupakan rempah-rempah purbakala yang telah diperdagangkan sejak ribuan tahun lalu, pohon cengkeh itu sendiri adalah merupakan tanaman asli Kepulauan Maluku (Ternate dan Tidore), dan telah dikenal sejak pada zaman kuno.

Pada 4000 tahun yang lalu tercatat dalam sejarah Arkeolog bahwa kerajaan Mesir Firaun kuno dinasti ke-12 yaitu Sesoteris III, telah mengimpor berbagai rempah-rempah dari daratan misterius yang dikenal dengan negeri Punt, hal itu terkuak kemudian pada 1.700 SM dengan penemuan arkeolog oleh Giorgio Buccellati yang menemukan wadah berisi cengkeh yang pada masa itu cengkeh hanya dapat ditemukan di Kepulauan Maluku. Perlu anda ketahui bahwa pada masa peradaban kuno cengkeh adalah salah satu komoditi ekspor-impor yang sangat mahal dan melebihi harga Emas saat itu.

Kini Maluku masih menyimpan banyak hasil bumi dan rempah-rempah yang sangat melimpah, hanya saja belum mampu diolah dan didukung dengan baik oleh pemerintah.

Papua – Pulau surga

Indonesia Negara Kepulauan Terkaya di Dunia - Papua - Pulau Surga

Papua ialah pulau kedua terbesar di Dunia, sejarah mencatat bahwa pada tahun 200 M papua dikenal dengan nama Labadios yang diberikan oleh seorang ahli geografi Ptolamy, pada tahun 500 M seorang penulis berkebangsaan Tiongkok menjuluki Papua dengan Tungki, pada akhir 600 M Kerajaan Sriwijaya juga memberi nama Papua dengan Janggi, sedangkan masyarakat Tidore kala itu memberi sebutan kepada penduduk Papua dengan nama Papa-Ua yang berubah menjadi Papua sampai saat ini.

Di tahun 1545, Inigo Ortiz de Retes menamakan Papua dengan Nueva Guinee serta Isla del Oro yang berarti Pulau Emas. Robin Osborne mencatat dalam bukunya, Indonesia’s Secret War: The Guerrilla Struggle in Irian Jaya (1985), menyebut-nyebut sebuah provinsi berada paling timur Indonesia dengan julukan surga yang hilang.

Papua merupakan surga bagi Indonesia, pada masa kuno banyak hasil alam seperti rempah-rempah, wangi-wangian, mutiara laut, serta bulu burung Cenderawasih yang di ekspor melalui jalur laut keberbagai kerajaan dan negara. Tanah Papua sangat kaya akan tambang emas dan tembaga, tak hanya itu Papua juga memiliki keaneka ragaman tumbuhan dan fauna, terlebih lagi Papua memiliki keindahan alam yang sangat khas yang tidak dimiliki pulau-pulau lain yang berada dalam negara Indonesia kita ini.

Pada tahun 2006 beberapa peniliti yang tergabung dalam tim survey dari Indonesia, Amerika, dan Australia melakukan peninjauan terhadap Gunung Foja Provinsi Papua, dan mereka menemukan sebuah kawasan dan tempat yang sangat ajaib yang hingga kini disebut sebagai Taman Kecil Surga, di kawasan tersebut mereka menemukan puluhan bahkan ribuan jenis burung, ratusan kupu-kupu, puluhan katak, serta berbagai jenis tumbuhan yang sangat indah yang belum tercatat dalam sejarah flora dan fauna.

Kini Papua dikenal sebagai penghasil emas terbesar dan tambang tembaga terbaik, anda tentu kenal dengan Freeport sebuah perusahaan raksasa Amerika yang menambang emas di tanah papua, tak hanya emasnya saja, bagi anda pecinta travel pasti pernah mendengar keindahan laut Raja Ampat yang sangat menawan membuat penasaran bagi penikmat traveling di Dunia, andai saja Papua dikelola dengan baik dan adil maka dapat dipastikan Papua akan menjadi Surganya kawasan timur Indonesia.

Sudah selayaknya dan sepatutnya bagi kita untuk menjaga kekayaan serta keaneka ragaman hayati yang terdapat di Negara kita ini, Indonesia adalah sebuah kepulauan yang sangat kaya dalam hal apapun baik kekayaan alam, kekayaan hutan, laut, hasil bumi, budaya, adat-istiadat, ragam bahasa, pulau-pulau, dan masih banyak lagi yang semua hal itu sudah sangat pantas jika dikatakan Indonesia negara kepulauan terkaya di Dunia.

Komentar

Related posts

Read more:
Album Musik Terlaris Sepanjang Masa
5 Album Musik Terlaris Sepanjang Masa


Close