Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi Di Bulan Juni

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi Di Bulan Juni

Hai…hai…hai para sahabat unik. Tidak terasa ya, sudah hampir setengah dari tahun 2015 ini kita lewati. Yap, sekarang kita berada di pertengahan bulan Juni dan lebih tepatnya bagi umat Muslim kali ini sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Ngomong-ngomong tentang bulan Juni, ternyata banyak fakta menarik di dalamnya lho. Apa diantara kailan ada yang tahu jika ada banyak peristiwa penting di dunia yang terjadi di bulan ini? Sebelum bulan Juni-nya kelewatan, mari kita lihat sama-sama peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi di bulan ini.

Sebenarnya di masa lalu ada banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan Juni ini lho. Sebelum berakhir, mari kita flashback ke masa-masa itu agar tahu sejarah yang terjadi di bulan Juni. Dengan demikian, pastinya pengetahuan Anda akan semakin bertambah berkat membaca informasi unik yang terjadi di bulan Juni dari dahulu hingga sekarang ini. Baiklah, tidak usah membuang-buang waktu. Mari langsung saja kita mulai pembahasan kita mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di bulan Juni. Perhatikan dan baca baik-baik ya agar makin luas pengetahuannya.

Ramadhan di Bulan Juni 2015

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi Di Bulan Juni - Ramdhan di bulan JuniYap, peristiwa penting yang pertama yang akan kita bahas yaitu bulan Ramadhan yang jatuh di bulan Juni tahun 2015. Bagi masyarakat Muslim mulai tanggal 18 Juni melaksanakan ibadah puasanya. Ada banyak persiapan yang dilakukan umat Islam untuk menyambut bulan yang penuh berkah dan ampunan di bulan Juni 2015 ini.

1 Juni Tahun 1986

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi Di Bulan Juni - 1 Juni 1986Pada bulan Juni tahun 1986 tepatnya di tanggal 1, surat yang berisikan perdamaian dilayangkan sekelompok siswa SD yang diperuntukkan kepada anak-anak yang di seluruh dunia. Dan berkat fenomena tersebut menjadikan tanggal 1 Juni sebagai Hari Anak Sedunia. Bagi Anda yang penasaran dengan isi suratnya, berikut merupakan penggalan kalimat dari surat tersebut.

“Orang-orang tua kita memiliki keyakinan yang pasti. Mereka menyayangi kita karena kita adalah anak-anak mereka. Akan tetapi, tidakkah kalian tahu, dunia macam apa yang mereka siapkan buat kita? Jika sedikit saja kesalahan terjadi pada sistem instalasi nuklir, maka kita semua pasti akan mati..”

20 Juni Tahun 1912

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi Di Bulan Juni - 20 JuniPada tanggal 20 Juni 1912 inilah pertama kali vitamin ditemukan oleh seorang dokter dari Polandia yang bernama Casimir Funk. Dokter Casimir Funk melakukan uji coba dan berusaha mengisolasi dan memisahkan vitamin dari makanan. Tapi hasil yang didapatkannya ternyata vitamin yang terpisah dari makanan memiliki efek yang tidak begitu efektif dibandingkan dengan vitamin yang tercampur dalam makanan secara alami.

 

9 Juni Tahun 1870

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi Di Bulan Juni - 9 JuniMungkin Anda pernah membaca novel Oliver Twist atau mungkin pernah menonton filmnya? Yap, pengarang dari karya legendaris tersebut asal Inggris bernama Charles Dickens meninggal dunia tanggal 9 Juni 1870. Karyanya yang terkenal selain Oliver Twist yaitu Great Expectations.

3 Juni Tahun 1667

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi Di Bulan Juni - 3 JuniPada tanggal inilah pertama kalinya dalam sejarah kedokteran dan operasi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dokter asal Prancis bernama Baptist Denis berhasil melakukan transfusi darah. Sebelum operasi transfusi darah ditemukan, dulunya banyak orang yang kehilangan nyawa mereka akibat kekurangan darah. Bagi yang gemar transfusi darah, setelah baca ini jadi tahukan siapa yang berjasa menemukan cara tersebut?

 

6 Juni Tahun 1901

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi Di Bulan Juni - 6 JuniTanggal ini punya catatan tersendiri dalam sejarah bangsa kita Indonesia, 6 Juni 1901 adalah hari kelahiran Bapak bangsa kita, sang Proklamator, sang pencetus Pancasila, Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Soekarno lahir di Surabaya dengan nama lahir Kusno Sosrodiharjo, ayah Soekarno kemudian mengganti nama tersebut karena Soekarno kecil sering sakit-sakitan. Sekedar catatan, bukan hanya Ir.Soekarno saja lho Presiden Indonesia yang terlahir di bulan Juni, Presiden RI kedua HM. Soeharto dan Presiden RI saat ini, Ir. H. Joko Widodo, juga terlahir di bulan yang sama.

Itulah beberapa peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan Juni. Sekarang Anda semua jadi tahu bukan, jika bulan Juni ternyata juga memiliki peristiwa penting yang sangat berpengaruh pada perubahan dan perkembangan yang dialami oleh manusia. Bagaimana? Sebelum bulan Juni berakhir Anda jadi tahu bukan tentang banyak informasi dan pengetahuan yang terjadi di bulan Juni, mulai dari kegiatan agama, kedokteran, hingga sastra. Jangan bosan-bosan untuk membaca ya.

Komentar

Related posts

Read more:
Anak Kecil yang Mampu Menginspirasi Dunia
Anak Kecil yang Mampu Menginspirasi Dunia


Close