Tradisi-tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Dunia

Tradisi-tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Dunia

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh kebaikan yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Muslim. Ada banyak hal yang telah dipersiapkan oleh para Muslim diberbagai belahan dunia untuk menyambut bulan yang penuh rahmat ini. Berbagai persiapan yang dilakukan mulai dari kondisi fisik, batin, dan juga mental serta umat Muslim juga melaksanakan berbagai kegiatan untuk menyambut bulan Ramadhan berdasarkan tradisi budaya di negara yang mereka tinggali. Pastinya setiap negara memiliki berbagai tradisi unik yang menyertai penyambutan bulan penuh ampunan ini.

Kali ini, mari kita lihat berbagai tradisi unik untuk menyambut bulan Ramadhan diberbagai negara di dunia. Bukan hanya di wilayah Indonesia saja lho yang punya tradisi unik penyambutan bulan Ramadhan tapi juga di negara lain yang memiliki penduduk Muslim juga memiliki tradisi tersendiri.

Tradisi-tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Dunia - MinagkabauSebelum berbicara mengenai tradisi unik penyambutan bulan Ramadhan diberbagai negara di dunia, mari kita lihat contoh tradisinya di Indonesia. Di negara kita umat Muslim di daerah Padang yang memiliki tradisi unik untuk penyambutan bulan Ramadhan yaitu mandi bersama di tempat pemandian dengan air yang bersih dan masih alami.

Setelah melihat contoh penyambutan bulan Ramadhan di Padang, mari kita lihat bagaimana penyambutan unik bulan Ramadhan di berbagai belahan dunia yang lainnya bahkan di negara yang umat muslimnya menjadi minoritas. Berikut negara-negara yang memiliki tradisi unik menyambut Ramadhan.

Jepang

Tradisi-tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Dunia - Jepang

Seperti yang kita tahu jika Jepang merupakan negara yang mayoritas warganya beragama Shinto dan umat Muslim menjadi minoritas. Walaupun sebagai warna minoritas, tapi kaum Muslim di negara ini menyambut Ramadhan dengan penuh kebahagiaan yaitu dengan menyusun kegiatan selama Ramadhan. Mereka juga menerbitkan jadwal puasa dan menyebarkannya ke rumah-rumah jamaahnya, restoran halal, dan juga masjid-masjid di Jepang.

Italia

Tradisi-tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Dunia - Italia

Di negara Eropa seperti Italia, tentu umat Islam menjadi kaum yang masih minoritas. Tapi umat muslim di Italia tepatnya umat Muslim di La Grande Mosche (Masjid Agung di Roma) menyambut bulan yang suci ini dengan memasak berbagai masakan yang manis. Selain itu, buah kurma juga disajikan sebagai menu andalannya.

Albania

Tradisi-tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Dunia - Albania

Mungkin masih jarang mendengar negara dengan nama Albania ini bukan? Yap, tapi umat Muslim di negara ini memiliki tradisi unik menyambut bulan Ramadhan. Umat Muslim di sana menggelar kesenian alat musik yang bernama Lodra. Alat musik ini hampir sama dengan bedug di Indonesia tapi di negara tersebut menggunakan dua buah tabung dan penabuhnya juga terdiri dari dua buah stik yang menghasilkan bunyi berbeda jika dibunyikan bersama-sama.

Mesir

Tradisi-tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Dunia - Mesir

Mesir merupakan masuk dalam negara Islam yang berada di timur tengah. Umat Muslim di Kairo Mesir menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan memasang lampu tradisional yang disebut dengan lampu Fanus. Tradisi ini telah berlangsung sejak dinasti Fattimiyah yang memasang lampu Fanus untuk menyambut kedatangan pasukan Rada yang berkunjung ketika menjelang bulan Ramadhan.

Perancis

Tradisi-tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Dunia - Perancis

Umat Muslim di Perancis kebanyakan memang berasal dari imigran Arab yang tinggal di Couronne. Ketika bulan puasa atau Ramadhan akan datang, mereka menyambutnya dengan berbelanja berbagai macam makanan dan pernak-pernik untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Biasanya mereka membelinya di kawasan jalan Jean-Pierre Timbaud yang merupakan tempat paling terkenal menjual berbagai pernak-pernik Ramadhan.

Itulah beberapa tradisi unik untuk menyambut bulan suci Ramadhan di berbagai belahan dunia, baik di negara yang mayoritas Muslim ataupun yang tidak. Islam memang indah yang dapat berbaur dan menyatu dengan budaya dan tradisi dimana Islam itu tumbuh. Bagaimana? Tidak kalah seru dengan penyambutan bulan suci Ramadhan di negara kita bukan?

Komentar

Related posts

Read more:
Mobil Unik Paling Kecil Di Dunia
Mobil Unik Paling Kecil Di Dunia


Close