Fakta Unik Tentang Warna

Fakta Unik Tentang Warna

Kepoan.com – Bisakah anda bayangkan jika di dunia ini tidak ada warna, yang ada hanya gelap, tidak ada sinar putih cahaya bulan, warna kuning cahaya lampu, dan sebagainya. Atau pernahkah anda berfikir bahwa warna itu mempunyai perspektif yang berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lainnya.

Sebuah hasil penelitian menemukan jika warna itu akan memiliki sebuah perbedaan, misalnya warna merah bagi anda sebenarnya akan terlihat lain bagi orang-orang tertentu. Lalu benarkah kita melihat warna yang sama? Berikut fakta unik tentang warna:

Warna

Pernahkah anda berfikir bagaimana mata kita melihat sebuah warna, tentunya sebelum itu kita harus pahami apa yang dimaksud warna itu lalu seperti apa mata kita mampu melihat suatu warna yang berbeda dari satu warna ke warna lainnya. Dan benarkah kita melihat sebuah warna yang sama.

Fakta Unik Tentang Warna - Warna

Seperti yang dilansir oleh Vsauce, warna pada dasarnya adalah bukan sebuah material yang nyata yang terdapat diluar diri manusia serta terbentuk pada unsur-unsur material senyawa tertentu melainkan telah ada dan telah terperinci di dalam otak manusia masing-masing mengenai unsur warna tersebut. Secara mekanisme otak manusia akan mendefinisikan lalu menjabarkan frekuensi dari gelombang cahaya yang tertangkap mata kita (390 nm – 700 nm) dan menyatukan perspektif tersebut menjadi sebuah warna yang pemahaman serta gambaran tentang merah, kuning, hijau, biru dan warna lainnya itu telah tersimpan di dalam otak kita.

Sedangkan sebuah gelombang serta spectrum cahaya yang berada di luar jangkauan gelombang cahaya di atas yaitu UV (ultraviolet) dan IR (infrared), sebuah gelombang cahaya yang tidak mampu ditangkap oleh mata secara langsung.

Benarkah Strawberry berwarna merah?

Fakta unik tentang warna memang sangat menarik bila kita perhatikan, coba misalnya anda bayangkan saat anda melihat sebuah strawberry yang tertangkap di mata anda adalah warna merah namun kemungkinan itu akan berbeda jika terlihat di mata saya, tidak akan berwarna merah seperti yang terlihat di mata anda, cukup aneh bukan?

 

Ide yang terdapat dalam otak masing-masing orang sangat berbeda, begitupun sebuah perspektif tentang penterjemahan oleh syaraf otak anda tentang sebuah warna yang pastinya akan berbeda dengan orang lain pula.

Fakta Unik Tentang Warna - Benarkah Strawberry Berwarna Merah?

Anda bisa saja mengatakan bahwa strawberry itu sangat merah warnanya, namun bagi orang lain buah strawberry itu memang merah hanya saja tidak terlalu merah seperti merah bagi perspektif anda. Hasil penelitian menyatakan setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda terhadap warna apa yang dia lihat, hal itu terlihat dalam susunan otak serta sel-sel hormon otak manusia yang berbeda, misalnya anda pasti dapat simpulkan bagaimana persepsi warna orang yang tinggal di kaki gunung dengan orang yang tinggal di tepi pantai.

Bagaimana dengan Buta Warna

Bagaimana fakta unik tentang warna itu mampu terjadi bagi orang-orang yang mengalami buta warna. Orang yang mengalami buta warna biasanya akan menterjemahkan keterbatasan suatu warna dengan mengadopsinya dengan memasukkan warna yang lain. Dan satu warna itu berbeda bagi yang lain rupanya juga berlaku bagi orang yang buta warna.

Fakta Unik Tentang Warna - Simulasi Buta Warna

Itulah mengapa bagi ahli kedokteran mata tes buta warna sangat perlu, dengan meminta orang tersebut untuk membaca pola angka dan menyimpulkan sebuah bidang dengan bentuk lingkaran yang tersusun dari titik –titik yang memiliki ragam berbeda-beda.

Fakta Unik Tentang Warna - Tes Buta Warna

Bagi orang yang mempunyai penglihatan normal mampu melihat pola angka serta bidang tersebut secara jelas, sedangkan bagi orang yang mengalami buta warna akan melihat pola angka dan pola bidang tersebut tidak akan terlihat, pola atau bentuk tersebut akan memunculkan warna yang berbeda bagi kedua orang tersebut, antara mata normal dan yang buta warna

Warna Bagi Orang Lain

Fakta Unik Tentang Warna - Teori Warna

Dalam memahami warna antara satu orang dengan orang yang lain terdapat cara yang paling rasional dan cukup masuk akal yaitu tentang bagaimana mendeskripsikan mengenai karakteristik yang terdapat dalam cirri-ciri serta unsur yang khas yang terdapat dalam warna tersebut. Mungkin sekilas terlihat efektif namun pada kenyataannya sangat sulit untuk diterapkan

Setiap orang mungkin biasanya akan mendeskripsikan warna biru laut dengan mudah seperti langit, air laut, menggambarkan ketenangan, dan kelembutan dan apabila mendeskripsikan tentang warna mnerah pasti yang selalu dikaitkan dengan sesuatu yang panas, berkobar-kobar, atau semangat. Mungin anda pasti akan setuju dengan deskripsi sederhana diatas, lalu jika demikian apakah dengan asumsi yang sama tersebut lalu dapat dikatakan selanjutnya warna merah dan biru diatas akan sama dengan yang kita lihat? Rupanya tidak.

Warna dan Emosional Manusia

Sebuah hasil penelitian mengungkapkan jika suatu perasaan emosional yang dirasakan muncul akibat dari sebuah pengaruh warna hal itu tidak serta-merta sebuah warna mampu mempengaruhi EQ seseorang dalam mood tertentu, hal itu secara fisika dapat dijelaskan denga gelombang cahaya yang panjang dan gelombang cahaya yang pendek.

Fakta Unik Tentang Warna - Warna dan Emosional Manusia

Seperti warna kuning, orange, merah termasuk kedalam gelombang cahaya panjang, sedangkan warna biru, hijau, atau putih termasuk kedalam golongan gelombang cahaya pendek.

Tommy Edison, adalah seorang yang mengalami kebutaan sejak lahir, sehingga dia memiliki channel youtube tersendiri, dia mengatakan bahwa warna adalah sebuah konsep yang sangat rumit baginya, dan baginya warna adalah sebuah konsep yang sangat berbeda, pada realita Tommy memang tak mampu merasakan warna secara seutuhnya, namun dalam memahami warna dia mempunyai cara tersendiri dan berbeda dari orang lain disekitarnya.

Melalui kesimpulan diatas bahwa fakta unik tentang warna mempunyai hal yang sangat kontras dan memang secara kinerja otak manusia warna memang memiliki caranya sendiri dan manusia pun mempunyai deskripsinya sendiri-sendiri terhadap sebuah warna, yang tentunya akan berbeda dengan manusia lainnya.

Komentar

Related posts

Read more:
Phobia Paling Aneh yang Ada di Berbagai Belahan Dunia
Phobia Paling Aneh yang Ada di Berbagai Belahan Dunia


Close