Fakta Mengenai Kebaikan dan Keberkahan Bulan Suci Ramadhan

Fakta Mengenai Kebaikan dan Keberkahan Bulan Suci Ramadhan

Bagi umat Muslim, Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti-nantikan. Mengapa? Karena bulan Ramadhan merupakan bulan paling mulia dan banyak hal yang dapat dilakukan seorang hamba untuk mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Pada bulan yang penuh keberkahan dan kebaikan ini pula pintu-pintu neraka di tutup dan pintu-pintu surga dibuka. Jadi, memang kebanyakan umat Muslim menyambut bulan mulia ini dengan penuh suka cita dan kegembiraan. Tapi tahukan Anda kebaikan dan keberkahan yang ada pada bulan Ramadhan? Mari kita lihat bersama fakta mengenai kebaikan dan keberkahan bulan suci Ramadhan.

Baiklah, untuk Anda yang sudah tidak sabar mengetahuinya, mari langsung saja kita lihat fakta-faktanya. Jika dicermati, ada banyak ayat Al-Quran dan Hadits Rasulullah SAW yang menyebutkan keberkahan dan kebaikan bulan Ramadhan. Kurang lebih ada sekitar lima belas keberkahan dan kebaikan selama bulan Ramadhan. Apakah itu? Pertama, pada bulan Ramadhan ini Al-Quran Al Karim pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan ayat yang pertama berbunyi “Iqra” yang berarti membaca. Jadi, setiap 17 Ramadhan biasanya kaum Muslim mengadakan acara peringatan turunnya Al- Qur’an.

Fakta Mengenai Kebaikan dan Keberkahan Bulan Suci Ramadhan - Ramadhan Bulan Turunnya Al-Quran

Fakta yang ke dua yaitu umat Muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan haus serta hawa nafsu atau yang sering disebut berpuasa. Dengan berpuasa, Allah SWT memberikan 2 kenikmatan pada orang yang menjalankannya yaitu kenikmatan saat berbuka dan bau mulutnya lebih wangi dibandingkan minyak kasturi di hadapan Allah SWT. Dalam bulan Ramadhan juga ada satu malamnya yang memiliki nilai lebih baik dari 1000 bulan. Biasanya malam-malam terakhir pada bulan Ramadhan banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkan malam terbaik tersebut.

Fakta Mengenai Kebaikan dan Keberkahan Bulan Suci Ramadhan - Puasa di Bulan Ramadhan Menahan Hawa Nafsu

Dengan menjalankan Ibadah puasa di bulan Ramadhan, juga membuat kita diampuni segala dosa-dosa selama setahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Di bulan puasa ini, pahala yang diberikan kepada orang yang menjalankannya jika Rasulullah yang akan memberi pahalanya karena umat Muslim mengikuti perintah Rasulnya. Puasa juga menjamin kita dengan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Itulah mengapa banyak umat Muslim yang sangat gembira menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Jadi, jangan lagi meninggalkan puasa jika ada begitu banyak kebaikan puasa di bulan Ramadhan.

Fakta selanjutnya dari kebaikan dan keberkahan bulan suci Ramadhan yaitu dengan berpuasa di bulan tersebut merupakan metode terbaik untuk manajemen diri dan syahwat. Puasa juga dapat menyehatkan fisik dan juga jiwa. Serta dengan berpuasa kita juga belajar mengaplikasikan akhlak mulia, seperti bersabar, bertanggungjawab, disiplin, jujur dan sebagainya. Tentu hal itu sangat baik untuk pendidikan diri kita. Jika menjalankan puasa tentu menjalankan sahur, dan momen sahur itulah menjadi waktu terbaik untuk beristighfar kepada Allah untuk meminta ampunan atas semua dosa yang telah diperbuat.

Fakta Mengenai Kebaikan dan Keberkahan Bulan Suci Ramadhan - Puasa di Bulan Ramadhan Menahan Hawa Nafsu

Bahkan tidurnya orang berpuasa di bulan Ramadhan di siang hari merupakan sebuah pahala. Memang bulan puasa merupakan bulan penuh berkah dan penuh kebaikan di dalamnya. Seperti yang telah disebutkan jika pada bulan puasa pintu-pintu surga di buka dan ada pintu surga khusus untuk orang-orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan bernama “Rayyan”. Puasa di bulan yang penuh berkah ini juga di akhirat nanti akan menjadi syafaat untuk kita yang menjalankannya. Luar biasa keberkahan dan kebaikan bulan Ramadhan. Itulah beberapa fakta mengenai keberkahan dan kebaikan di bulan suci ini. Sebagai seorang Muslim memang harus bersuka cita menyambut bulan yang penuh berkah dan penuh dengan kebaikan tersebut. Jangan lagi malas berpuasa ya.

Komentar

Related posts

Read more:
Mitos Bulan Suro dan Spiritualitas Orang Jawa
Mitos Bulan Suro dan Spiritualitas Orang Jawa


Close