Fakta Dibalik Gempa Nepal 2015 yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Fakta Dibalik Gempa Nepal 2015 yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Mungkin ketika melihat pada bulan April, kita pastinya teringat dengan musibah yang sangat mengerikan yang dialami oleh saudara-saudara kita di Nepal. Yah, tepatnya sekitar pukul 11.46 waktu setempat, di tanggal 25 April 2015 merupakan hari yang paling buruk untuk saudara kita di Nepal. Pada jam dan tanggal tersebut telah terjadi gempa berkekuatan 7.9 SR antara kota Khatamdu dan Pokhara Nepal. Dari berbagai sumber menyebutkan ada sekitar 7040 orang dikabarkan tewas dan sekitar 14.103 orang mengalami luka-luka akibat gempa maha dahsyat tersebut. Tentu hal itu mengingatkan kita pada gempa bumi yang terjadi di Indonesia beberapa tahun silam yang juga menewaskan banyak korban jiwa.

Baiklah, pastinya dibalik semua musibah pastinya ada keberkahan atau hikmah di dalamnya. Dalam gempa dahsyat di Nepal dan di negara-negara sekitarnya seperti India, Tiongkok, dan Bangladesh ini ternyata juga ada keajaiban yang terjadi. Anda penasaran mengenai fakta terbaik dari kejadian-kejadian akibat gempa Nepal? Berikut kami akan membaginya untuk Anda.

Bayi Selamat dari Tertimpa Bangunan

Fakta Dibalik Gempa Nepal 2015 yang Mungkin Belum Anda Ketahui - Bayi 5 bulan selamat dari tertimpa bangunan

Ketika gempa terjadi pastilah banyak warga Nepal yang panik bagaimana untuk menyelamatkan diri. Dan ternyata ada seorang bayi kecil yang masih suci berumur 5 bulan tertimpa bangunan saat gempa terjadi. Bayi mungil ini akhirnya berhasil selamat setelah tertimpa reruntuhan bangunan selama 22 jam. Sungguh bukankah ini benar-benar keajaiban yang Sang Pencipta tunjukkan pada kita?

Menara Dharahara dan Maju Deval Hancur

Fakta Dibalik Gempa Nepal 2015 yang Mungkin Belum Anda Ketahui - Menara di nepal yang hancur akibat gempa

Sebuah situs warisan dunia yang ditetapkan Unesco di Nepal dilaporkan runtuh dan hancur karena gempa berkekuatan 7.9 SR pada bulan April tersebut. Menara Dharahara yang diperkirakan sudah berdiri dari 180 tahun di Nepal tersebut benar-benar hancur. Ada sekitar 200 orang berada di dalam bangunan saat gempa terjadi dan ada 150 orang yang tewas akibat tertimpa reruntuhan bangunan menara tersebut.

 

Seseorang Selamat Tertimbun 5 Hari

Fakta Dibalik Gempa Nepal 2015 yang Mungkin Belum Anda Ketahui - Seseorang selamat setelah tertimbun 15 hari

Remaja berusia 15 tahun bernama Pemalama selamat setelah lima hari tertimbun runtuhan bangunan saat gempa terjadi di Nepal tanggal 25 April 2015. Pemuda naas itu dapat diselamatkan oleh tim penyelamat dari Nepal dan Amerika Serikat yang bekerja sama berjam-jam untuk membebaskan dirinya dari reruntuhan bangunan di Khatamdu. Ini merupakan sebuah keajaiban Tuhan seseorang dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum selama 5 hari dan tertimpa puing-puing bangunan.

Petinggi Google Tewas

Fakta Dibalik Gempa Nepal 2015 yang Mungkin Belum Anda Ketahui - Fredeenburg tengah berpose di camp Everest sebelum tewas

Fakta lain dari kejadian gempa di Nepal adalah tewasnya salah satu petinggi Google bernama Daniel Freedenburg. Dia menjadi korban tewas gempa Nepal saat mendaki gunung Everest yang merupakan gunging tertinggi di dunia. Daniel yang menjadi pemimpin keamanan Google Ads ini bersama 3 karyawannya meninggal akibat tertimbun longsoran salju saat gempa Nepal terjadi pukul 11.46 waktu setempat pada 25 April yang lalu.

Longsor Salju Gunung Everest

Fakta Dibalik Gempa Nepal 2015 yang Mungkin Belum Anda Ketahui - Longsor salju gunung Everest

Gempa bumi yang melanda dataran Nepal tersebut mengakibatkan terjadinya longsor salju di gunung Everest dan menimpa base camp para pendaki. Dikabarkan ada sebanyak 22 pendaki tewas dan 217 dinyatakan hilang di dekat gunung Everest. Namun, ada 32 pendaki yang berhasil diselamatkan dengan menggunakan 5 helikopter untuk mendapatkan perawatan di ibukota Nepal.

Itulah beberapa fakta kejadian dibalik gempa dahsyat yang mengguncang Nepal di 25 April 2015. Setiap kejadian pasti memiliki sebuah hikmah yang dapat kita ambil. Jangan bersedih dan selalu berfikir positif akan hidup menjadi hal terbaik untuk menjalani kehidupan ini. Untuk warna Nepal, ini telah terjadi sekitar 1,5 bulan yang lalu, selalu bersabar berusaha kuat menjadi hal terbaik yang dapat dilakukan.

Komentar

Related posts

Read more:
6 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia
6 Perang Terbesar Dalam Sejarah Manusia


Close