Fakta Unik Tentang Tumbuhan

Fakta Unik Tentang Tumbuhan

Kepoan.com –  Tumbuhan adalah organisme hidup yang ada di sekitar kita, sebagai organisme mahluk hidup lain yang juga hidup, tumbuh, serta berkembang di Bumi, tumbuhan banyak memberikan manfaat serta memiliki peran tersendiri dalam menjaga kelangsungan hidup bagi makhluk lainnya di dunia.

Tapi tahukah anda bahwa mahluk hidup yang satu ini menurut beberapa hasil penelitian serta pengamatan para ahli Biologi, tumbuhan dapat bersosialisasi dengan sesama tumbuhan lainnya layaknya manusia. Hal tersebut menjadi tanda tanya besar, jika demikian adanya maka timbul dibenak kita benarkah tumbuhan mampu bersosialisasi?

Apakah dan bagaimana cara tumbuhan itu bersosialisasi? Lalu pernahkah terbayang dibenak anda jika tumbuhan itu mampu berbicara serta berfikir dengan caranya tersendiri? Berikut fakta unik tentang tumbuhan yang telah kami rangkum.

Benarkah Tumbuhan Memiliki Penciuman

Fakta Unik Tentang Tumbuhan - Penciuman Tumbuhan

Mungkin anda akan bingung jika dikatakan kalau tumbuhan memiliki indera penciuman, yah hal ini memang bagi manusia seperti kita terdengar sangat mengherankan, tapi tahukah anda bahwa rupanya penelitian telah membuktikan satu fakta unik tentang tumbuhan bahwa tumbuhan memiliki indera penciumannya sendiri.

Kemampuan ini terlihat jelas saat sebuah tumbuhan yang telah memiliki buah yang sudah masak atau matang akan mengeluarkan sebuah bau dari kimia alamiah tumbuhan tersebut dan menghembuskannya ke udara, yang unsur kimia alami itu disebut dengan Etilen. Itu mengapa setiap tumbuhan yang telah berbuah matang dan masak akan memiliki aroma harum.

Tak sampai situ saja, ketika tumbuhan melepaskan unsur etilen tersebut ke udara, maka akan mempengaruhi kepada buah yang lainnya dan mengakibatkan matang bersama-sama, anda pasti pernah melihat secara langsung pohon akan berbuah secara bersamaan, dan setiap buahnya akan menjadi matang secara bersamaan.

Tumbuhan Memiliki Pendengaran

Fakta Unik Tentang Tumbuhan - Ulat Tumbuhan

Ini terdengar lebih mengherankan lagi, pada tahun 2006 sebuah siaran televisi Mythbuster yang melakukan uji coba terhadap sebuah tumbuhan mendapatkan hasil yang sangat mencengangkan, meskipun hasil pengamatan tidak menunjukkan secara signifikan bahwa tumbuhan memiliki perasaan namun eksperimen tersebut membuktikan kalau tumbuhan mempunyai pendengaran.

Eksperimen tersebut dilakukan pada tumbuhan jagung dengan merekam hasil suara saat cacing atau ulat daun menggigit tumbuhan jagung tersebut. Ketika tumbuhan jagung tersebut merasa terancam maka akan melakukan sistem pertahanan dengan mengeluarkan bau keudara untuk menarik perhatian para serangga yang bertujuan agar menyerang cacing atau ulat daun tersebut.

Hasil rekaman suara itu kemudian di putar ulang kembali terhadap tanaman jagung yang lain, dan sangat mengejutkan rupanya tumbuhan jagung itu akan melakukan sistem pertahanan yang sama seperti di atas, ini membuktikan bahwa tumbuhan dapat mendengar, meski hanya melalui sebuah hasil rekaman suara.

Memori atau Ingatan Pada Tumbuhan

Fakta Unik Tentang Tumbuhan - Tumbuhan Putri Malu

Banyak hasil riset serta penilitian yang menyatakan bahwa beberapa tumbuhan seperti memiliki ingatan, namun hal itu tidak serta-merta menjadi dalil bahwa tumbuhan mempunyai akal dan pikiran. Jika dilihat dari perilaku, para peneliti mengatakan seolah-olah tumbuhan itu mempunyai ingatan yang dapat tersimpan dalam ingatannya, cukup mengherankan ya?

Fakta unik tentang tumbuhan tersebut dilakukan uji coba terhadap tumbuhan yag biasa kita kenal dengan nama Putri Malu (Mimosa Pudica), yang mana tumbuhan tersebut akan menutup dirinya apabila mendapat ancaman atau serangan dari serangga.

Uji coba itu dilakukan dengan menjatuhkan tumbuhan tersebut dari ketinggian 10cm, pada awal uji coba penjatuhan pertama tumbuhan tersebut terlihat menutup dirinya, namun setelah dilakukan berulang kali setelah 4-5 kali dijatuhkan terlihat tumbuhan itu tidak lagi menutup dirinya. Hal itu menunjukkan bahwa seolah-olah rangsangan tersebut telah tersimpan dan di ingat baik-baik oleh tumbuhan itu bahwa eksperimen barusan tidak membahayakan dirinya.

Bau Tumbuhan

Fakta Unik Tentang Tumbuhan - Tumbuhan Rafflesia Arnoldi

Dapat dikatakan bahwa tumbuhan termasuk salah satu organisme mahluk hidup yang sangat cerdas, bagaimana tidak, tumbuhan mampu memanfaatkan aroma pada dirinya untuk melangsungkan kelanjutan hidup spesies mereka. Kita mungkin sudah mengetahui bahwa setiap tumbuhan pasti memiliki aroma yang berbeda-beda, mulai dari yang harum hingga bau yang busuk (Rafflesia Arnoldi).

Tapi tahukah anda, bahwa bau yang ada pada setiap tumbuhan dimanfaatkan untuk menarik perhatian berbagai macam serangga agar hinggap pada tiap bunga yang ada pada semua jenis tumbuhan, yang proses itu bertujuan agar membantu proses penebaran serbuk pada bunga agar dapat melakukan kawin pada tumbuhan, sangat menakjubkan.

Kehidupan Sosial Tumbuhan

Fakta Unik Tentang Tumbuhan - Sosialisasi tumbuhan

Apabila kita cermati dalam ruang lingkup yang lebih besar, seperti tumbuhan yang hidup di hutan atau yang hidup disuatu gunung maka akan terlihat sekali bahwa mereka mempunyai komunikasi sosialnya tersendiri. Hal yang apabila kita perhatikan pada pohon-pohon besar serta memiliki akar yang menancap jauh kedalam tanah sepertinya mereka saling berkaitan antara satu dan yang lainnya.

Para peneliti juga mengungkapkan bahwa melalui akar-akar pohon inilah mereka saling berkomunikasi, saling berbagi sumber air yang terserap, berbagi informasi serta nutrisi yang ada antara satu dan yang lainnya. Hal itu terlihat ketika satu pohon yang mengalami kekeringan akan mendapat sumber air dari pohon yang sangat hijau atau pohon yang lebih tinggi darinya.

Demikian fakta unik tentang tumbuhan yang telah kami rangkum untuk anda, semoga bermanfaat.

Komentar

Related posts

Read more:
Mengerikan, Orang di Dalam Foto ini Sudah Meninggal
Mengerikan, Orang di Dalam Foto ini Sudah Meninggal


Close