Negara-negara dengan Waktu Puasa Terpanjang di Dunia

Negara-negara dengan Waktu Puasa Terpanjang di Dunia

Bagi umat Muslim yang tinggal di Indonesia sangatlah beruntung dan sangat nyaman serta mudah menjalankannya. Tahu gak sih, jika ada banyak saudara Muslim kita yang sangat berat menjalankan ibadah puasa kali ini karena waktu berbuka di negara yang mereka tinggali sangatlah lama. Sejumlah negara di ekuator bumi seperti Indonesia memang tidak terlalu banyak mengalami perubahan untuk durasi waktu berpuasanya di bulan Ramadhan kali ini. Tapi bagi umat Muslim di wilayah bumi utara seperti di Kutub dan Lingkar Artik juga berbeda waktu menahan laparnya dengan kita yang berada di Indonesia.

Waktu ibadah puasa yang dilakukan oleh umat Muslim di Indonesia hanya menahan lapar selama kurang lebih 12 jam. Sedangkan umat Muslim yang tinggal di negara Argentina tercatat menjadi penduduk Muslim yang memiliki durasi paling cepat puasanya yaitu hanya sekitar 9 jam 30 menit. Tapi ada juga lho, beberapa umat Muslim diberbagai negara yang menahan lapar atau memiliki waktu terlama puasa Ramadhan di dunia. Berikut merupakan fakta-fakta seputar Ramadhan berkaitan dengan waktu puasa Ramadhan paling lama di dunia.

Belanda

Negara-negara dengan Waktu Puasa Terpanjang di Dunia - Belanda

Masyarakat Muslim di Belanda tahun ini haruslah bersabar. Mengapa? Karena waktu berpuasa di negara tersebut termasuk paling lama di dunia yaitu sekitar 18 jam menahan haus dan lapar. Agama Islam di negara tersebut menjadi agama terbesar ke dua yang dianut warga negaranya setelah agama Kristen. Muslim di negara Belanda tersebar di beberapa kota besar di negara tersebut yaitu Amsterdam, Rotterdam, Hague, dan Utrecht. Umat Muslim yang menetap di negara kincir angin ini biasanya berasal dari Turki, Maroko, Pakistan, Suriname, dan Afrika.

Norwegia

Negara-negara dengan Waktu Puasa Terpanjang di Dunia - Norwegia

Populasi umat Islam di negara Norwegia mencapai angka 2,4% dan menjadi agama terbesar kedua yang dipeluk warna negaranya setelah Kristen. Sama halnya dengan masyarakat Muslim yang tinggal di Islandia, warga Muslim yang tinggal di Norwegia juga menjalankan ibadah puasa perharinya sangat panjang mulai azan subuh hingga maghrib yaitu sekitar 20 jam. Umat Muslim di Norwegia kebanyakan menetap di kota Oslo dan Akershus.

Swedia

Negara-negara dengan Waktu Puasa Terpanjang di Dunia - Swedia

Umat Muslim yang tinggal di Swedia cukup banyak populasinya. Di Swedia tercatat di tahun 2009 warga Muslim yang ada di negara itu sekitar 106 ribu orang dan data lain juga menyebutkan jika warga Muslim di Swedia mencapai 450-500 ribu orang. Mayoritas umat Muslim yang berada di Swedia ini berasal dari negara Irak dan Iran atau negara timur tengah lainnya. Dan di bulan Ramadhan tahun ini, umat Muslim di sana menjalani ibadah puasa selama 20 jam setiap harinya.

Denmark

Negara-negara dengan Waktu Puasa Terpanjang di Dunia - Denmark

Umat Muslim di negara Denmark menjalani ibadah puasa mereka kali ini hampir sehari semalam yaitu selama 21 jam. Dengan begitu, kita patut bersyukur tinggal di Indonesia yang hanya menjalankan puasa seharian saja atau 12 jam saja. Biasanya mayoritas warga Muslim di Denmark ini penganut Sunni yang diikuti Syiah, dan Salafi serta Wahabi.

Islandia

Negara-negara dengan Waktu Puasa Terpanjang di Dunia - Islandia

Negara Islandia merupakan negara yang sangat indah karena hanya ditempat itu kita dapat melihat fenomena Aurora Borealis. Tapi tahukah Anda, jika di negara tersebut hidup masyarakat Muslim yang menjadi warga Muslim paling minoritas dan menjalankan puasa dengan waktu yang sangat panjang perharinya. Warga Muslim di Islandia ini menjalankan ibadah puasa di tahun ini dengan menahan lapar dan haus selama 22 jam. Bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia.

Itulah fakta puasa terpanjang yang ada diberbagai negara di dunia. Kita sebagai umat Muslim yang ada di Indonesia harus sangat bersyukur karena hanya menjalankan puasa selama 12 jam saja. Semoga dengan mengetahui fakta-fakta tersebut menjadikan kita semakin bersyukur dan semakin semangat menjalankan ibadah puasa Ramadhan ya.

Komentar

Related posts

Read more:
Fakta Unik Indera Ke Enam yang Ada Pada Setiap Orang
Fakta Unik Indera Ke Enam yang Ada Pada Setiap Orang


Close