Ternyata Indonesia Memiliki Fakta Unik Selama Ramadhan, Yuk Simak!

Ternyata Indonesia Memiliki Fakta Unik Selama Ramadhan, Yuk Simak!

Indonesia dengan negara yang memiliki ribuan pulau dan wilayah ini ternyata di dalamnya tersimpan berbagai macam keragaman tradisi dan keunikan di setiap daerah. Hal ini juga membuat Indonesia dinilai sebagai negara yang unik oleh negara-negara lain. Namun keunikan ini tidak hanya terjadi dalam perayaan tradisi budaya atau kegiatan tertentu saja, selama Ramadhan Indonesia juga mempunyai tradisi yang unik dibandingkan negara-negara Islam lainnya. Penasaran apa saja keunikan tersebut? Simaklah beberapa fakta tentang Indonesia di bulan Ramadhan berikut ini.

1. Kegiatan Ngabuburit

Tradisi Unik Indonesia di bulan Ramadhan - Ngabuburit

Pasti selama bulan puasa kalian pasti sering mendengar istilah ngabuburit. Ya, ngabuburit adalah salah satu keunikan dari masyarakat Indonesia di setiap daerah pada umumnya. Ngabuburit adalah sebuah istilah kegiatan yang dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa. Biasanya kegiatan ini dilakukan mulai pukul 4 sore. Kegiatan ngabuburit berbagai macam bentuknya, mulai dari berjalan-jalan, mencari takjil untuk berbuka, serta kegiatan lainnya yang intinya menghabiskan waktu sebelum beduk tanda berbuka puasa berbunyi. Ini merupakan salah satu keunikan masyarakat Indonesia yang jarang sekali ditemukan di negara muslim lainnya.

2. Membangunkan Orang Sahur

Tradisi Unik Indonesia di bulan Ramadhan - Membangunkan Sahur

Sifat masyarakat Indonesia yang saling tenggang rasa dan suka bermasyarakat inilah yang membuat kegiatan ini dilakukan. Setiap hari selama bulan Ramadhan, mungkin anda akan sering mendengar teriakan warga atau umumnya anak-anak berkeliling membawa obor atau alat-alat lainnya yang bertujuan membangunkan orang sahur.

3. Bukber dan Kolak

Tradisi Unik Indonesia di bulan Ramadhan - Kolak

Anda semua mungkin pernah melakukan kegiatan buka bersama atau istilahnya Bukber atau Bubar ini. Biasanya kegiatan ini dilakukan sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan bernostalgia dengan teman lama, kerabat, atau rekan kerja. Tidak ketinggalan kolak merupakan menu wajib dan favorit ketika kegiatan ini dilakukan. Kolak umumnya akan sering dan banyak ditemui pada bulan Ramadhan dibandingkan hari-hari biasa.

4. Petasan

Petasan

Sebenarnya ini bukan kegiatan yang baik dilakukan, tetapi faktanya menyalakan petasan sebagian besar sudah menjadi kebiasaan yang salah bagi masyarakat terlebih anak-anak. Di bulan Ramadhan setelah berbuka puasa mungkin anda sering mendengar bunyi ledakan petasan dimana-mana. Tetapi sebaiknya janganlah dilakukan, karena dapat membahayakan juga dapat mengganggu kegiatan ibadah shalat tarawih. Walaupun ini merupakan kegiatan yang tidak baik, namun ini juga termasuk dalam keunikan masyarakat Indonesia di dalam bulan puasa.

5. Mudik

Tradisi Unik Indonesia di bulan Ramadhan - Mudik

Nah keunikan Indonesia di bulan Ramadhan yang terakhir adalah mudik. Kegiatan pulang ke kampung halaman ini merupakan salah satu keunikan masyarakat Indonesia yang tidak ditemukan dimanapun. Karena wilayah Indonesia yang luas banyak masyarakat mencoba mencari peruntungan untuk mencari nafkah dan ilmu di wilayah lain. Biasanya beberapa minggu atau beberapa hari menjelang lebaran mereka ingin kembali ke kampung halamannya masing-masing untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan keluarganya.

Itulah beberapa fakta unik dalam masyarakat Indonesia yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Tentunya semua masyarakat, mungkin juga termasuk anda turut serta dalam tradisi-tradisi yang unik ini.

Komentar

Related posts

Read more:
Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia
Sosok Iblis yang Dikenal di Dunia


Close