Inilah Keunggulan Bulan Suci Ramadhan Menurut Al-Qur’an

Inilah Keunggulan Bulan Suci Ramadhan Menurut Al-Qur’an

Ramadhan, bulan yang amat spesial bagi umat Islam di seluruh dunia, banyak keistimewaan-keistimewaan yang terdapat pada bulan Ramadhan ini, dan bertepatan pada hari ini (17 Ramadhan) merupakan hari dimana Al-Qur’an diwahyukan untuk pertama kalinya kepada junjungan kita Rasulullah SAW (Nuzulul Qur’an) hingga akhirnya melalui beliau Al-Qur’an bisa sampai kepada kita dan menjadi pedoman keselamatan hidup di dunia dan akhirat. Berikut ini adalah keunggulan bulan suci Ramadhan yang telah diterangkan dalam Al-Qur’an. Semoga puasa yang kita jalankan tahun 1436 Hijriyah ini menjadi berkah dan penghapus segala dosa di masa lalu, Amin.

Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat muslim di dunia sesuai dengan yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183 (QS 1:183)

QS 1:183Yaaaaa ayyuhalladzina aamanuu kutiba’alaiku muussiyaa mukamaa kutiba ‘alalladzina mi’qoblikum la’alakum tattaquun

Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS Al-Baqarah:183)

Dari ayat tersebut diatas, dijelaskan bahwa berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia bukan hanya di Indonesia. Disini, timbul pertanyaan, mengapa berpuasa merupakan suatu keharusan? Jawabannya adalah, karena di bulan Ramadhan terdapat banyak keunggulan diantaranya adalah :

  • Setiap nafas adalah tasbih
  • Tidur merupakan suatu ibadah
  • Doa Insya Allah di Ijabah dan
  • Pahala akan dilipat-gandakan

Mengenai doa yang di Ijabah oleh Allah SWT keterangan tersebut terselip dalam surat Al-Baqarah ayat 186 sebagai berikut:

QS 1:186

“Wa idzaa sa a laka ‘ibaadii ‘annifa inniqoribrun ujibuda’ wataddaa ‘i idzaada’aan. Falyastajiibuu liwalyu’ minubila’allahum yarsyuduun”

Artinya :

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (QS Al-Baqarah:186)

Dari ayat tersebut diterangkan dengan jelas bahwa “Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku)“. Perlu diketahui bahwa sebelum ayat 186 dijelaskan, dalam surat Al-Baqarah ayat 183-185 menjelaskan tentang puasa di bulan Ramadhan. Dimana dalam ayat 183 (seperti yang sudah dijelaskan diatas) terdapat perintah untuk menjalankan puasa.

Lebih jauh lagi, silahkan buka QS Al-Baqarah ayat 184-185 disitu terdapat penjelasan detail mengenai apa yang dimaksud dengan puasa di bulan Ramadhan dan perihal yang harus dilakukan apabila seseorang melalaikan puasa Ramadhan.

Semoga ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua dan menjadi acuan akan apa yang harus dilakukan saat memasuki bulan Ramadahan yang penuh berkah. Terlebih lagi, penjelasan tersebut terdapat dalam Al-Quran dimana Al-Qur’an dan Al-Hadist merupakan tuntunan bagi umat muslim yang ingin selamat dunia akhirat sesuai dengan Surat An-Nisa ayat 59 :

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya” (QS 4:59)

Komentar

Related posts

Read more:
Fakta Tentang Planet Pluto Paling Baru Berdasarkan Data NASA
Fakta Tentang Planet Pluto Paling Baru Berdasarkan Data NASA


Close