5 Fakta Unik Tentang Ramadhan Di Seluruh Dunia

5 Fakta Unik Tentang Ramadhan Di Seluruh Dunia

Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Terdapat berbagai macam fakta unik Ramadhan yang mungkin saja berbeda dengan kebudayaan yang biasa kita terapkan selama ini di Negara kita. Namun warga Negara lain pun juga akan menganggap Negara kita unik pada saat Ramadhan tiba karena akan ada hal-hal yang tidak bisa kita nikmati pada bulan-bulan biasa. Berikut ini adalah beberapa fakta unik pada saat Ramadhan dari seluruh dunia.

Indonesia

Tradisi Unik Indonesia di bulan Ramadhan - Ngabuburit

Dimulai dengan Negara kita sendiri yang memiliki berbagai keunikan saat berlangsungnya bulan Ramadhan. Keunikannya antara lain adalah akan menjamur pedagang-pedagang takjil di sepanjang jalan raya. Selain itu akan menjamur juga anak-anak dan orang dewasa yang bermain kembang api dan petasan. Lalu yang paling luar biasa unik adalah akan terjadi mudik besar-besaran yang mengakibatkan jalan-jalan utama macet dan seluruh tiket transportasi habis terjual. Keunikan selanjutnya adalah harga sembako yang selalu mengalami peningkatan dan siaran di televisi yang tiba-tiba menjadi islami semua.

Saudi Arabia

Tradisi unik Ramdhan di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi

Selain Indonesia ada juga Negara yang menyambut datangnya bulan Ramadhan secara besar-besaran yaitu Saudi Arabia. Fakta unik dari Negara ini adalah membludaknya jamaah yang datang ke Masjidil Haram dan bahkan lebih banyak ketimbang pada saat musim haji. Dan fakta unik Ramadhan yang lebih mengagumkan di Negara ini adalah pada saat buka puasa tiba maka akan ada lebih dari 12.000 meter taplak meja yang terbentang setiap hari dengan hidangan yang memang disuguhkan kepada para jamaah di Masjidil Haram. Dan yang lebih fantastis adalah biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi dan para dermawan untuk menyediakan makanan buka puasa ini adalah sekitar 1.5 juta Real yang setara dengan 1.2 Milyar setiap harinya.

Amerika Serikat

Tradisi unik Ramadhan di Amerika

Berikutnya ada Negara adikuasa yaitu Amerika Serikat yang jumlah penduduk muslimnya sangat sedikit. Sehingga bulan Ramadhan di Amerika akan terasa lebih berat dibandingkan dengan Negara lain yang jumlah muslimnya lebih banyak. Waktu puasa di Amerika bisa mencapai 15 jam bahkan terkadang lebih. Di Negara ini anda tidak akan mendengar adanya adzan atau bedug ataupun tanda imsak, jadi anda harus membawa pengingat dan panduan jam sendiri. Dan yang membuat puasa di Negara ini lebih berat adalah bahwa sebagian besar masyarakat Amerika tidak menghormati adanya bulan Puasa jadi banyak sekali orang yang makan di tempat umum.

Rusia

Tradisi unik Ramadhan di Rusia

Di negeri Beruang Putih ini terdapat beberapa fakta unik menyambut Ramadhan yang sedikit berbeda dengan di Negara kita. Yang pertama adalah di Negara ini lama anda berpuasa adalah 17 jam. Jadi ini adalah tantangan tersendiri bagi para muslim di Rusia harus menahan hawa nafsu selama itu. Selain itu umat muslim akan berkumpul di setiap waktu sholat untuk menjalankan sholat jamaah, terlebih pada saat waktu buka puasa tiba. Dan hampir di setiap masjid dan sekitarnya akan ada bazaar yang menjual semua hal yang berbau muslim, seperti misalnya Al-Quran, Buku-buku Islami, Peci/Kopiah, Souvenir dan banyak lagi macamnya.

Jepang

Tradisi-tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan di Dunia - Jepang

Jepang ternyata juga salah satu Negara yang menyambut baik datangnya bulan Ramadhan terbukti dengan adanya berbagai fakta unik Ramadhan di Negara Matahari Terbit tersebut. Jika di Negara kita menu khas berbuka adalah kurma atau kolak, di Jepang terdapat menu khas buka puasa yang berbeda dengan menu kita, yaitu mereka berbuka dengan kue khas Jepang yaitu kue Dorayaki. Namun di Jepang ini umat muslim yang belum terbiasa akan kesulitan mencari masjid untuk sholat tarawih, sehingga biasanya Komunitas Muslim Islam Indonesia (KMII) akan mengadakan buka bersama setiap minggunya dan dengan warga muslim lokal juga.

Komentar

Related posts

Read more:
10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz
10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz


Close