4 Fakta Unik Sahur Yang Tidak Kita Sadari

4 Fakta Unik Sahur Yang Tidak Kita Sadari

Sahur merupakan salah satu ibadah yang sangat besar pahalanya. Selain memiliki peran dalam menyuplai energi ke dalam tubuh kita, sahur ternyata juga memiliki berbagai fakta unik sahur yang sebelumnya tidak kita ketahui. Mungkin beberapa orang telah mengetahui fakta-fakta unik tentang sahur ini namun kebanyakan orang belum mengetahui. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa sahur itu sebatas makan dan minum untuk mengganjal perut untuk persiapan puasa seharian. Padahal di dalam sahur itu sendiri terdapat banyak sekali manfaat dan berkah yang dilimpahkan oleh Allah SWT. Berikut ini adalah fakta-fakta yang unik mengenai sahur.

Sahur sangat diutamakan

Fakta unik mengenai sahur selanjutnya adalah sesuai dengan sabda Rasulullah yang mengatakan bahwa keberkahan (dalam puasa) itu terdiri dari 3 hal, yaitu berjamaah, tsarid dan sahur. Jadi bisa dilihat bahwa sahur itu sangat diutamakan dan sangat dianjurkan karena sahur dapat memperkuat fisik kita dan mempersiapkan jasmani kita untuk menghadapi puasa yang menanti seharian penuh. Sabda Rasulullah yang lain juga mengatakan “Barangsiapa ingin berpuasa, hendaklah ia makan sahur.” Dari sabda Rasul ini tentu dapat kita resapi bahwa sahur ternyata sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan.

Berkah dibalik ibadah sahur

Ibadah sahur selain diutamakan ternyata juga mengandung berkah yang sangat banyak. Sebagaimana sabda Rasulullah yang mengatakan bahwa “Makanlah sahur karena sesungguhnya dalam sahur terdapat berkah”. Jadi, fakta ini sebetulnya sangat menyarankan kita untuk melakukan ibadah sahur walaupun hanya terbangun sebentar dan hanya meminum seteguk air. Kita semua tentu menanti-nantikan berkah dari Allah SWT dan jika kita melaksanakan ibadah sahur kita tentu akan mendapatkan berkah yang dilimpahkan oleh Allah SWT.

Allah dan para malaikat bershalawat kepada orang yang sahur

Fakta unik tentang sahur berikutnya ini tentu belum banyak orang yang tahu. Karena jika orang-orang tahu fakta ini tentu orang-orang tidak akan pernah meninggalkan ibadah sahur. Fakta tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah yang berbunyi “Sahur adalah makanan yang penuh berkah oleh karena itu janganlah kalian meninggalkannya sekalipun salah seorang diantara kalian hanya minum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.” Siapa yang tidak ingin mendapatkan keistimewaan ini, tentu saja semua orang menginginkan untuk dishalawatkan apalagi oleh Allah dan para Malaikat-Nya.

Mengakhirkan waktu sahur

Kebanyakan orang justru keliru dan mereka justru malah mengawalkan waktu sahur hingga tengah malam karena takut tidak bisa terbangun pada saat waktu sahur tiba. Padahal sunnah melakukan ibadah sahur adalah mengakhirkan waktu sahur. Artinya kita sahur pada waktu mendekati imsak. Namun bukan berarti kita sahur pada waktu 5 menit sebelum imsak. Namun biasanya waktu sahur yang paling ideal adalah jam 3 pagi atau jam 03.30 pagi. Sebaik-baik waktu sahur adalah jarak antara selesai makan dan waktu sholat yaitu berjarak kira-kira bacaan 50 ayat.

Jadi bagi kita semua kaum muslim sebaiknya melaksanakan ibadah sahur. Karena selain mengisi energi dan mempersiapkan fisik, sahur ini memiliki berbagai kelebihan yaitu dengan melaksanakan sahur juga akan membedakan puasa orang muslim dengan puasanya orang yang bukan muslim. Dan sahur ini juga merupakan teladan dari Rasulullah SAW karena memang ternyata banyak sekali fadhilahnya. Demikian beberapa fakta unik sahur yang bisa kita rangkum. Semoga dapat meningkatkan semangat anda untuk melaksanakan ibadah sahur.

Komentar

Related posts

Read more:
Manfaat Puasa Untuk Kesehatan
Ternyata Berpuasa Bermanfaat Lho Bagi Kesehatan Jantung, Kolesterol dan Ginjal


Close