Ternyata Berpuasa Bermanfaat Lho Bagi Kesehatan Jantung, Kolesterol dan Ginjal

Ternyata Berpuasa Bermanfaat Lho Bagi Kesehatan Jantung, Kolesterol dan Ginjal

Berpuasa pada dasarnya akan melatih diri seseorang untuk hidup lebih sabar dan teratur. Puasa juga akan bermanfaat bagi kesehatan, karena proses ini berkaitan dengan proses metabolisme dalam tubuh. Ketika kita berpuasa akan terjadi peningkatan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dan penurunan kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein) sehingga akan bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah serta jantung. Terlalu banyak kolesterol jahat di dalam tubuh akan berakibat terjadinya penyumbatan dinding arteri dan berkurangnya sistem imunitas tubuh. Aktifitas puasa juga berpengaruh pada tubuh seperti suhu tubuh, hormon dan psikologis. Walaupun perubahannya tidak terlalu signifikan, namun dapat berperan penting dalam peningkatan kesehatan.

kadar kolesterol

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung

Keadaan kondisi psikologis yang stabil serta tidak dipenuhi rasa emosi dan amarah ketika puasa dapat menurunkan adrenalin pada tubuh. Emosi yang berlebihan akan meningkatkan kadar adrenalin 20 kali lipat sehingga dapat mempersempit pembuluh darah, otot empedu akan berkontraksi kecil, pembuluh darah penyebab koroner akan meluas dan meningkatkan tekanan darah secara signifikan ke jantung. Adrenalin yang tinggi akan berakibat pada pembentukan kolesterol jahat sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke dan penyempitan pembuluh darah.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Ginjal

Kurangnya mengkonsumsi air selama puasa akan sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta memperkuat osmosis disekitar saluran urin sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam berpuasa ternyata juga dapat meminimalisir volume air dalam darah yang memacu kinerja mekanisme pembuluh darah dan menambah zat prostaglandin untuk memacu fungsi serta kinerja sel darah merah.

Manfaat Puasa Bagi Tekanan Darah serta Kolesterol

Aktivitas puasa bagi penderita tekanan darah serta kolesterol sangat dianjurkan, agar dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Puasa dapat menjaga kondisi perut yang disebabkan oleh banyak jenis makanan penyebab penyakit hiperkolesterol, diabetes dan obesitas. Pola makan yang teratur saat puasa akan bermanfaat bagi proses pembuangan hormon sistem pencernaan serta insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon seperti ini merupakan salah satu rahasia hidup panjang umur. Sementara bagi penderita penyakit kardivaskuler berpuasa akan membuat pola hidup sehat sehingga proses pengobatan akan menjadi lebih cepat.

Dalam bulan ramadhan sebaiknya ketika sahur dan berbuka makanlah makanan yang sehat dan berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Hindari makanan yang mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi agar tetap fit saat berpuasa. Tidak lupa juga lakukan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran kondisi tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat berpuasa yang ternyata dapat memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, namun tentunya harus diiringi oleh pola makan yang baik serta mengkonsumsi makanan sehat.

Komentar

Related posts

Read more:
Mitos Rumah Pembawa Keberuntungan
Mitos Rumah Pembawa Keberuntungan


Close