Fakta Yang Tak Banyak Orang Tahu Tentang Kota Mati Chernobyl

Fakta Yang Tak Banyak Orang Tahu Tentang Kota Mati Chernobyl

Kota mati Chernobyl menyimpan cerita yang sangat memilukan. Kala itu tepatnya pada tanggal 26 April 1986 merupakan hari yang tak akan pernah dilupakan oleh rakyat Ukraina yang kala itu masih menjadi satu dengan Uni Soviet. Pada hari itu sebuah tragedi yang mungkin merupakan yang maha dahsyat yang pernah terjadi di negara itu. Sebuah insiden yang sangat memilukan terjadi yang dampak dari tragedi tersebut masih dapat terlihat sampai saat ini. Insiden yang diakibatkan meledaknya sebuah reaktor nuklir dari sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di tempat itu membuat 31 orang meninggal dan ribuan orang terkena imbasnya. Petaka yang menimpa kota Chernobyl membuat kota ini kini seperti kota hantu.

Petaka bermula dari meledaknya reaktor nuklir nomor 4 pada pembangkit tenaga nuklir Chernobyl yang mengakibatkan dampak buruk yang sangat besar salah satunya adalah ancaman yang sangat serius bagi manusia maupun lingkungan akibat radiasi nuklir tersebut. Hingga akhirnya kota Chernobyl kini seperti kota mati yang ditinggalkan para penghuninya. Hampir semua penduduk di kota Chernobyl pergi meniggalkan kota berbahaya tersebut demi terhindar dari paparan bahaya radiasi nuklir yang telah mengkontaminasi kota tersebut, namun penduduk sebagian besar telah terpapar langsung radiasi tersebut yang langsung menyebar sesaat setelah terjadi ledakan.

Fakta tentang kota mati Chernobyl

Senjata Kimia Yang Berbahaya

Apa yang terjadi di kota mati Chernobyl faktanya tak akan terlepas dari sebuah penemuan oleh Albert Einstein tentang penemuan atomnya, dan mungkin saja hal tersebut akan sangat disesali oleh beliau. Di mana berkat penemuannya yang maha dahsyat tersebutlah yang menjadi cikal bakal terjadinya tragedi massal di Chernobyl ini. Memang begitulah adanya mengenai penemuan atom tersebut layaknya dua sisi mata uang, di satu sisi dapat dilihat manfaatnya yang sangat besar bagi umat manusia namun di satu sisi yang lain dapat dilihat dampak buruknya, salah satunya adalah apa yang dapat dilihat pada Chernobyl sekarang ini.

Keadaan Kota Mati Chernobyl

Fakta lain yang tak kalah mengejutkan mengenai tragedi Chernobyl adalah radiasi dari ledakan yang terjadi pada inti reaktor pada pembangkit nomor 4 di Chernobyl mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat, bahkan tercatat 200 kali lebih besar dari radiasi yang dihasilkan oleh bom atom yang menghancurkan nagasaki dan hiroshima, Jepang. Akibat dari ledakan Chernobyl ini juga mengakibatkan lebih dari lima juta orang terkena paparan berbahaya imbas dari tragedi tersebut. sebagian besar adalah penduduk yang berada di sekitar pusat ledakan, dan sisanya merupakan para pekerja yang bertugas membersihkan muntahan ledakan Chernobyl.

Fakta yang tak kalah mencengangkan adalah kehidupan dari para korban yang terpapar radiasi ledakan Chernobyl yang tak banyak diketahui oleh khalayak umum. Kehidupan mereka sungguh sangat memprihatinkan, di mana kini mereka hidup dengan berbagai keluhan kesehatan yang sama sekali tak mereka harapkan. Bahkan sebagian dari mereka yang tak terlalu terdampak namun mereka kurang bisa diterima dalam kehidupan sosialnya karena dianggap akan menyebarkan radiasi tersebut, yang membuat mereka semakin depresi sehingga banyak dari kelompok masyarakat seperti ini yang mengambil tindakan bunuh diri.

Korban Chernobyl

Keadaan mereka yang terpapar radiasi di kota mati Chernobyl sungguh menyedihkan, banyak anak-anak yang terpapar radiasi tersebut menanggung akibat yang sangat pedih, banyak diantara mereka yang mengidap kanker gondok. Pada orang dewasa juga sama memprihatinkan salah satunya masalah penurunan kesuburan pria maupun wanita serta angka kematian melonjak tajam. Lebih dari satu juta anak-anak ukraina mengalami rusak mental akibat radiasi berbahaya tersebut.

Komentar

Related posts

Read more:
Penemuan yang Mampu Merubah Dunia Internet
Penemuan yang Mampu Merubah Dunia Internet


Close