Penemuan yang Mampu Merubah Dunia Internet

Penemuan yang Mampu Merubah Dunia Internet

Kepoan.Com – Internet adalah salah satu sarana yang mampu menambah wawasan kita dalam segala bidang. Kebutuhan serta minat akan sebuah informasi menjadikan internet mampu menembus batas-batas jangkauan yang tidak mampu dilalui oleh perangkat-perangkat lain.

Berikut beberapa penemuan yang mampu merubah dunia internet.

Facebook.com

Penemuan yang Mampu Merubah Dunia Internet - Facebook.com

Saat itu umurnya baru menginjak usia 19 tahun, namun Mark Zuckerberg atau yang biasa dipanggil Mark telah mampu membuat sebuah situs jejaring sosial, yang pada awalnya situs tersebut akan digunakan untuk keperluan kampus dalam membangun sebuah jaringan sosial yang diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Harvard, kampus dimana Mark kuliah dulu.

Sebuah situs yang pada awalnya diperuntukkan bagi lingkungan kampus dengan konsep awal yaitu berbagi foto secara online kini Facebook telah menjadi situs yang mendunia dengan pengguna yang mencapai 1,35 miliar orang di seluruh dunia dan telah merubah dunia internet hingga seperti sekarang ini.

Yahoo.com

Penemuan yang Mampu Merubah Dunia Internet - Yahoo.com

Adalah dua pemuda berkebangsaan AS Jerry Yang dan David Fillo yang membuat sebuah situs/alat mesin pencari , yaitu pada tahun 1995 saat itu usia keduanya Jerry berusia 26 tahun dan Fillo 28 tahun. Yahoo sebuah situs yang berfungsi sebagai alat atau mesin pencari terbesar kedua setelah Google ini pernah ingin dibeli secara penuh oleh raksasa Microsoft dengan tawaran mencapai 44.6 milliar dollar AS atau setara dengan 458,8 triliun, sangat fantastis.

Google.com

9 Fakta Unik Dibalik Google yang Fenomenal

4 september 1998 adalah tanggal serta tahun dimana Google untuk pertama kalinya dirilis, mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin yang merilis Google untuk pertama kalinya saat usia keduanya masih menginjak 25 dan 24 tahun. Dengan kantor pertama mereka adalah sebuah garasi mobil terletak di halaman rumah yang didesain sedemikian rupa lebih menyerupai sebuah kantor jasa.

Google yang kini menjadi sebuah situs atau mesin pencari terbaik yang telah berkembang besar serta mampu menghasilkan miliaran dollar AS,  kini pengaruh Google amatlah besar dalam dunia internet maka tak mengherankan jika kehadiran Google termasuk dalam penemuan yang mampu merubah dunia internet hingga saat ini.

Youtube.com

Penemuan yang Mampu Merubah Dunia Internet - Youtube.com

Youtube yang didirikan oleh 3 pemuda Steve Chin Chen (Taiwan), Jawed Karim & Chad Marley (AS) pada tahun 2005. Youtube yang pada awalnya dibuat sebagai situs untuk berbagi video secara online kini telah digandrungi serta digunakan oleh jutaan orang di dunia.

Youtube kemudian pada tahun 2006 telah diakuisisi kepemilikannya oleh Google dengan nilai sebesar 1,65 milliar dollar AS atau sekitar 16,9 triliun kini telah menjadi situs video online terbesar di dunia.

Mozilla Firefox

Penemuan yang Mampu Merubah Dunia Internet - Mozilla Firefox

Adalah seorang pemuda berkebangsaan AS membuat Mozilla saat usianya baru 19 tahun, Blake Ross adalah termasuk salah satu pemuda jenius. Dia menemukan sebuah piranti lunak (software) penjelajah internet yang dirilis pada November 2004.

Mozilla lalu bergabung dengan Firefox yang dibangun bersama-sama oleh David Hyatt dan kemudian berubah nama menjadi Mozilla Firefox, kini telah mampu bersaing dengan piranti lunak seperti Internet Explorer serta Google Chrome sebagai pesaing terbesarnya.

WordPress.com

Penemuan yang Mampu Merubah Dunia Internet - WordPress.com

Matt Mullenweg, pemuda yang membuat sebuah situs penyedia blog bersifat gratis ini memulai pembuatannya ketika berusia 19 tahun. Hingga kini telah memuat data lebih dari 250 juta pengguna dengan lebih dari 6 miliar halaman dan ditambah 40 juta postingan setiap bulannya.

Lelaki yang pernah mengunjungi Indonesia pada 2009 ini mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan menjual WordPress kepada siapapun dengan harga berapapun hanya demi keuntungan semata.

Twitter.com

Penemuan yang Mampu Merubah Dunia Internet - Twitter.com

Jack Dorsey adalah pria yang pertama kali memberikan ide tentang sebuah situs mikroblog yang anda kenal dengan Twitter saat ini, proyek yang dimulai pada 21 maret 2006 dan dikenalkan pada masyarakat dunia pada 15 juni 2006 itu kini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna di dunia. Twitter ini pada awalnya adalah sebuah gagasan mengenai ide tentang SMS singkat pada internet yang mampu membuat jaringan dengan ruang lingkup yang kecil.

Pada tahun 2010 Twitter yang menggunakan logo barunya itu kini telah menjajarkan dirinya bersama dengan situs-situs lain dalam 10 jajaran situs paling banyak dikunjungi oleh orang seluruh dunia menurut Alexa.com, sebuah situs analisis web dunia.

Blogger

Blogger

Penemuan yang mampu merubah dunia internet terakhir adalah Blogger, yaitu sebuah aplikasi website yang dibangun oleh Evan Williams dan Meg Hourihan di tahun 1999 yang mendirikan sebuah perusahaan Pyra Labs. Blogger mulanya hanya sebuah web yang dibuat sebagai situs aplikasi untuk mengelola catatan proyek, kontak, daftar kerja, hingga catatan sederhana atau seperti note. Blogger yang pada 2002 di tawarkan pada perusahaan-perusahaan sebagai bentuk kerjasama dan berhasil membuat Globo perusahaan dari Brazil berminat, entah ada angin apa tiba-tiba pada Februari 2003 Google yang saat itu belum besar seperti sekarang resmi membeli Blogger.

Google yang secara keseluruhan membeli seluruh aset, perusahaan, hingga karyawan Pyra Labs tersebut telah mengembangkan Blogger yang dapat anda gunakan sekarang ini, kini Blogger yang telah berada dalam genggaman Google akan terus melakukan innovasi kedepannya.

Komentar

Related posts

Read more:
Fakta Terselubung: Benarkah Indonesia Adalah Pulau Atlantis Yang Hilang?
Fakta Terselubung: Benarkah Indonesia Adalah Pulau Atlantis Yang Hilang?


Close