Dampak Blue Light – Sinar Biru untuk Bola Mata yang Patut Anda Ketahui

Dampak Blue Light – Sinar Biru untuk Bola Mata yang Patut Anda Ketahui

Dengan perkembangan era globalisasi saat ini, kebutuhan manusia akan teknologi semakin tinggi. Oleh karena itu, gadget seperti smartphone, tablet, laptop dan lain sebagainya menjadi teman akrab yang selalu disapa tiap jamnya bahkan tiap menitnya. Saat itu juga, mata kita sering terpapar oleh the blue light – sinar biru yang dihasilkan oleh layar gadget yang disebutkan tersebut. Dengan penggunaan yang setiap hari, paparan sinar biru tersebut pastinya besar ke mata kita. Tanpa disadari, penggunaan gadget ini juga berpengaruh terhadap bola mata orang di sekitarnya. Di balik sinar biru itu, terdapat fakta unik mengenai dampak blue light terhadap bola mata anda. Hal ini sangat penting untuk anda ketahui.

kecanduan smartphone

Universitas Pennsylvania tertarik untuk mengadakan sebuah riset atau penelitian kecil-kecilan yang bermaksud melihat hubungan antara sinar biru (blue light) dengan bola mata. Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas lengkap tentang sesuatu yang merupakan hasil penelitian Universitas Pennsylvania (University of Pennsylvania) ini . Penjelasan lebih lengkapnya bisa anda temukan di beberapa deskripsi di bawah ini.

Tentang penelitian ini

Bahaya blue light pada retina mata

Penelitian ini yang menyangkut mata dan sinar biru diadakan oleh akademia dan akademisi yang berada dalam naungan Universitas Pennsylvania. Mereka adalah Manuel Spitchan dan kedua temannya Aguirre dan Brainard. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengukuran respon pupil terhadap stimulasi protein melanopsi dan gelombang sensitif pendek bernama S cones. Dengan penelitian yang diadakan oleh ketiga orang tersebut, mereka menemukan hasil bahwa pemaparan sinar biru bisa berdampak negatif pada bola mata para pengguna gadget.

#1: Dampak yang pertama: Pembesaran pupil

Pembesaran pada pupil

Fakta unik pertama merujuk pada dampak ringan yang disebabkan oleh sinar biru. Dengan penggunaan gadget yang dalam jangka waktu panjang dan seringkali dalam beberapa kasus tidak ada hentinya dapat berdampak pada pupil anda. Ya, pupil anda bisa membesar. Pupil yang fungsinya untuk mengatur besarnya cahaya yang masuk kedalam mata harus membesar karena adanya paparan sinar dari layar gadget anda tersebut. Karena paparan tersebut sangat kuat dan berlangsung terus menerus, pupil akan merespon dengan melebarkan dirinya. Untuk jangka waktu yang panjang hal ini bisa berbahaya. Akan tetapi ada sebuah fakta bahawa mereka bisa bekerja sama atupun berlawanan.

#2: Dampak yang kedua: Kondisi klinis dan Melanopsin

Sensitif terhadap sinar

Fakta unik yang kedua adalah dampak yang dihasilkan dari penggunaaan gadget dengan blue light atau sinar biru tersebut. Pada kenyataannya, di dalam mata, terdapat sebuah protein yang bernama melanopsin. Melanopsin ini memiliki tujuan atau tugas untuk membuat ritme pada sirklus siang dan malam dan mengencangkan pupil ketika terpapar oleh cahaya yang terang. Melanopsin juga yang menyebabkan mata kita sakit jika kita melihat sesuatu dengan cahaya yang berlebih atau terlalu terang. Dengan penggunaan gadget yang berlebih untuk tiap harinya , maka bola mata anda akan terpapar sinar biru dalam jumlah yang sangat besar. Sehingga, protein melanopsin yang sangat sensitif pada cahaya mau tidak mau akan berpengaruh juga. Karena terlalu banyak paparan sinar, produksi melanopsin pun berlebih juga. Oleh karena itu, terlalu banyak kadar melanopsin justru bisa berbahaya bagi mata anda. Salah satu contoh produksi yang bisa anda rasakan adalah rasa sakit ketika melihat cahaya yang terlalu terang. Hal ini disebabkan melanopsin dalam kadar yang tinggi menyebabkan kelainan pada mata.

Komentar

Related posts

Read more:
Ini Nama-nama Orang Terlucu di Indonesia, Benar-benar Ada Lho!
Ini Nama-nama Orang Terlucu di Indonesia, Benar-benar Ada Lho!


Close