10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz

Anda pasti tahu kamp Auschwitz, jika Anda penggemar berat sejarah, atau setidaknya tahu tentang apa yang terjadi di Eropa puluhan tahun silam. Kamp yang terletak di Jerman ini. Kamp penyiksaan kaum Yahudi pada jaman Hitler dan peristiwa Holocaust ini dianggap menjadi salah satu tempat yang banyak menyimpan fakta berdarah di baliknya. Bayangkan, ribuan orang dari segala penjuru Eropa yang beragama Yahudi ditangkap dan disiksa hingga mati dengan cara yang sangat tidak manusiawi di kamp ini. Jika Anda hanya pernah mendengar sepintas tentang kamp Auschwitz, Anda harus tahu beberapa fakta yang terjadi dengan pada tahanan Yahudi di sana. Memang tidak semua fakta ini berisi kekejaman Nazi dalam peristiwa Holocaust. Namun, setidaknya bisa memberikan gambaran pada Anda bagaimana kejadian yang sesungguhnya. Berikut adalah 10 fakta yang bisa membantu Anda membayangkan apa yang terjadi dengan sejarah kelam Nazi jaman Hitler.

1. Orang-orang yang tewas di kamp Auschwitz jauh lebih banyak dari prajurit Inggris dan Amerika yang digabung dalam perang dunia kedua. Bayangkan, sebanyak apa keluarga dan manusia yang tewas mengenaskan di tempat berdarah tersebut.

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz - Auschwitz Concentracion Camp Victims

Korban Kamp Auschwitz

2. Di Auschwitz, sempat terjadi kasus di mana seorang sipir penjara jatuh hati kepada tawanan Yahudinya. Si sipir menyelamatkan nyawa gadis itu berkali-kali. Pada pengadilan kaum Nazi setelah perang bertahun-tahun kemudian, gadis ini lalu bersaksi atas nama kekasihnya.

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz - Wanita Tahanan Kamp Auschwitz

Wanita-wanita tahanan kamp konsentrasi Nazi, Auschwitz

3. Anne Frank, yang terkenal karena buku hariannya, yang berisi berbagai pengalaman dan emosinya dalam pengejaran Nazi, memang tewas dalam pembantaian besar-besaran kaum Yahudi kala itu. Namun, tidak seperti anggapan kebanyakan orang yang mengira seluruh keluarganya tewas, sesungguhnya si ayah selamat. Ayahnya hidup sampai bertahun-tahun kemudian, dan meninggal karena kanker paru-paru di tahun 1980.

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz - Anne Frank

Anne Frank

4. Selama peristiwa Holocaust, seorang wanita Yahudi nekad menerjang 3000 tentara Yahudi untuk menyelamatkan keluarganya. Bahkan setelah kaum Nazi mengirim orangtua dan suaminya ke kamp Auschwitz tempat ia berada pada tahun 1943, ia masih terus bekerja pada Gestapo sampai tahun 1945.

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz - Seorang Wanita Tua Bersama Anak-anaknya Berjalan menuju Ruang Eksekusi Gas Beracun

Seorang wanita tua bersama anak-anaknya berjalan menuju ruang eksekusi gas beracun.

5. Selama peristiwa Holocaust, seorang petinju Yahudi bernama Salamo Arouch, ditahan di kamp Auschwitz. Selama itu, ia dipaksa bertarung dengan sesama tahanan Yahudi, dan yang kalah harus mati dengan cara ditembak atau dikurung di kamar gas. Salamo Arouch berhasil bertahan selama 2 tahun dan mengalahkan 200 orang sampai kemudian kamp ini dibebaskan.

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz - Salomo Arouch

Salomo Arouch

6. Witold Pilecki, seorang serdadu dari Polandia, menyerahkan diri untuk ditahan di kamp Auschwitz untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya tentang kamp tersebut sekaligus mengumpulkan informasi. Kemudian ia berhasil kabur dan menceritakan pada dunia tentang Holocaust.

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz - Witold Pilecki

Witold Pilecki

7. Bayer, produsen obat ternama yang memproduksi Aspirin, “membeli” beberapa tahanan dari kamp Auschwitz untuk digunakan sebagai kelinci percobaan obat-obatan yang sedang mereka buat. Tes percobaan yang dilakukan itu dilakukan guna mengetahui apakah obat mereka cocok atau tidak terhadap manusia.

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz - Anak-anak Tahanan Kamp Auschwitz

Anak-anak tahanan kamp konsentrasi Auschwitz

8. Sekitar 60 juta reichmarks, setara dengan 125 juta poundsterling Inggris sekarang, dihasilkan oleh para budak dan pekerja paksa kaum Yahudi di kamp Auschwitz selama peristiwa Holocaust.

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz - Seleksi Tahanan Kamp Auschwitz

Seleksi tahanan kamp Auschwitz

9. Terdapat sekitar 7000 staf di kamp Auschwitz yang berperan dalam menyiksa dan membunuh kaum Yahudi selama peristiwa Holocaust, namun hanya sekitar 750 orang yang diadili dan dihukum dalam pengadilan pasca pembebasan kamp Auschwitz.

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz - Pengadilan Staff Kamp Auschwitz

Pengadilan staff kamp konsentrasi Auschwitz

10. 1,1 juta orang meninggal selama 4,5 tahun berdirinya kamp Auschwitz. Sebagian besar dari mereka tewas dengan cara yang mengenaskan akibat siksaan, perlakuan buruk, dan kerja paksa.

10 Fakta di Balik Kamp Auschwitz - Korban Tewas

 

Komentar

Related posts

Read more:
Fakta Unik Indera Ke Enam yang Ada Pada Setiap Orang
Fakta Unik Indera Ke Enam yang Ada Pada Setiap Orang


Close